Sidang skripsi mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ dapat dilakukan sepanjang semester. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa menyelesaikan studi dan mendaftar sidang skripsi pada awal atau pertengahan semester, prodi pun tetap melaksanakan sidang skripsi.

 

Hal ini dibuktikan pada awal perkuliahan semester 108, Maret 2018, Prodi PBI melaksanakan sidang skripsi hingga saat ini menjelang akhir semester 108. Terdapat 101 mahasiswa yang menginput mata kuliah skripsi pada semester 108 ini, ditambah 1 mahasiswa angkatan 2011 mengambil jalur komprehensif. 

Jalur komprehensif hanya diperbolehkan bagi mahasiswa yang sudah habis masa studinya. 

 

Dari 101 mahasiswa yang mengambil jalur skripsi, sebagian besar memilih judul penelitian kualitatif. Sisanya memilih judul penelitian kuantitatif. Penelitian pengajaran sastra mendominasi dibandingkan penelitian pengajaran bahasa/linguistik. 

 

Seluruh dosen di Prodi PBI terlibat menguji skripsi, baik sebagai dosen pembimbing maupun sebagai dosen penguji materi dan metodologi. Diharapkan, hingga masa yudisium tiba, seluruh mahasiswa yang telah sidang skripsi, dapat menyelesaikan revisi skripsi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan dan dapat mengikuti wisuda pada September 2018. (nlm)