“Seger Buger Cup 1”  diadakan pertama kali pada tanggal 30 April sampai dengan 1 Mei 2016 dan merupakan kegiatan rutin bidang olahraga yang diadakan di asrama rusunawa Kampus B Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut dan memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pesta olahraga ini diikuti oleh semua program studi PPG SM3T, PPGT Kaimana, dan PPGT Angkatan 1 dan 2.  Setiap prodi mengajukan sepuluh orang untuk mengikuti lomba cabang bulu tangkis dan tenis meja. Penyelenggara kegiatan ini adalah para peserta Program Studi Pedidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, FIK UNJ. Mereka yang menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pertandingan,  di antaranya: raket, shuttlecock, net, piala, papan score, meja tenis, bet, dan lain-lain yang mendukung dalam pertandingan. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan penampilan yel-yel dari setiap program studi. Pembukaan berlangsung meriah dan menyenangkan karena penampilan peserta dari setiap program studi mampu menggugah semangat para peserta lomba.

Salah satu peserta lomba tersebut adalah peserta PPG SM3T Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sering dipanggil dengan nama “Laskar Bahasa 4” (LB 4). LB 4 mengajukan sepuluh pemain untuk mengikuti lomba bulu tangkis dan tenis meja. Utari dan Masnidar (ganda putri), Taufik dan Zulqarnain (ganda putra), Della dan Mirzal (ganda campuran) dalam cabang bulu tangkis. Sementara itu, Elisa dan Hilda (ganda putri), Asrul dan Amrolani (ganda putra) dan Hilda dan Yogi (ganda campuran) pada cabang tenis meja. Teman-teman Laskar Bahasa 4 selalu menyemangati teman yang sedang bertanding dengan berbagai sorak dan nyanyian.

Laskar Bahasa 4 memang belum beruntung pada “Seger Buger Cup 1” ini, walaupun seluruh kemampuan dan tenaga  sudah dikerahkan. Menang dan kalah sudah biasa, karena itu adalah pertandingan. Hal yang terpenting adalah LB 4 sudah berusaha dan mencoba untuk bertanding dengan baik. Pertandingan kali ini dimenangkan oleh Program Studi Matematika dan Sejarah. Belum rejeki memang, tetapi LB 4 terus  bersemangat mengikuti “Seger Buger Cup”  yang akan diadakan selanjutnya, sebagai bagian dari kegiatan dalam kehidupan berasrama para peserta PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (Nv)