Kehidupan Berasrama “Laskar Bahasa 4″ Melalui Kegiatan Rohani

Sebagai umat beragama, kita wajib meningkatkan iman dan takwa. Salah satu cara yang dilakukan bagi umat Islam adalah dengan mengikuti pengajian. Pengajian bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Seperti yang dilakukan oleh peserta PPG Universitas Negeri Jakarta. Peserta PPG SM3T, PPGT 1 dan PPGT 2 selalu mengikuti pengajian rutin yang diadakan di Rusunawa Universitas Negeri Jakarta. Pengajian tersebut bertempat di lantai dasar rusunawa (rumah susun mahasiswa).

Setiap program studi mendapatkan jadwal piket. Salah satunya adalah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atau “Laskar Bahasa 4″. Petugas piket harus menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti: menyiapkan tikar, peralatan pengeras suara, kudapan, menjadi pembawa acara, dan pembacaan ayat suci Alquran.

Susunan acara pengajian tersebut di antaranya, yaitu dibuka oleh salah satu peserta PPG. Kemudian pembacaan ayat suci Alquran dipimpin oleh petugas piket dan diisi oleh para ustadz yang berasal dari luar asrama. Materi yang disajikan pun beragam, seperti mengenai jodoh, amal di dunia, keimanan, ketakwaan, dan materi lain. Pengajian berlangsung dari pukul 19.30 sampai dengan 21.30 WIB. Selama pengajian, peserta mendengarkan, menerima, memahami, dan menanyakan hal-hal apa saja yang belum dipahami berkaitan dengan agama.

Dalam sesi tanya-jawab yang dilakukan oleh peserta kepada ustadz berlangsung selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan menyantap kudapan yang telah disediakan oleh para petugas pengajian pada hari itu. Kegiatan pengajian ini dirasa sangat penting untuk meningkatkan iman dan takwa para penghuni rusunawa PPG UNJ. Demikian kehidupan berasrama peserta PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui salah satu kegiatannya, yaitu kegiatan rohani yang akan terus berlangsung selama mereka tinggal di rusunawa UNJ. (Nv)