Sekitar empat ratus undangan yang terdiri atas para dosen instruktur PPG, para kepala sekolah mitra UNJ, beserta para guru pamong PPG dari sekolah mitra UNJ memenuhi Aula Latif Hendraningrat, Gd. Dewi Sartika Lantai II UNJ. Mereka hadir memenuhi undangan Belmawa Dikti dalam kegiatan Pelatihan Penguji Uji Kinerja pada Uji Kompetensi bagi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKM PPG) pada Kamis, 5 Juli 2018, pukul 08.00-15.00. Kegiatan ini diawali dengan sambutan yang sekaligus membuka kegiatan oleh Wakil Rektor IV UNJ Bapak Ridwan, lalu Direktur Penjaminan Mutu Belmawa yang diwakili oleh Ibu Retno memberi sambutan mengenai UKM PPG dalam Kerangka Jaminan Mutu. Bapak Muchlas Samani memaparkan tentang peran penting uji kinerja pada pelaksanaan UKM PPG. Kemudian materi Instrumen Uji Kinerja dalam Pelaksanaan UKM PPG disampaikan oleh Ibu Suryanti.

Dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ, tampak hadir Koorprodi PBI (Ibu N. Lia Marliana) beserta para dosen instruktur PPG, yaitu Ibu Sri Suhita, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Fathiaty Murtadho, Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu Siti Ansoriyah, Ibu Reni Nur Eriyani, Bapak Edi Puryanto, serta melibatkan dosen Prodi Sastra Indonesia Bapak Krisanjaya, Ibu Siti Gomo Attas, Bapak Erfi Firmansyah, dan Ibu Miftahul Khairah Anwar.  Kesemuanya menjalani pelatihan dari awal hingga akhir acara, dengan mengisi biodata secara daring, kemudian berlatih mengisi instrumen penilaian RPP dan praktik mengajar guru PPG melalui video yang ditayangkan Ibu Suryanti. Para guru pamong Bahasa Indonesia dari sekolah mitra yang diundang adalah dari SMP Labschool Rawamangun, SMPN 99, SMPN 255, dan SMAN 31 Jakarta Timur. Mereka pun intensif mengikuti pelatihan ini hingga akhir kegiatan.

Nantinya, sekitar Oktober hingga November 2018, semua peserta PPG akan menjalani uji kinerja PPL PPG di sekolah mitra. Hanya dosen PPG yang telah mengikuti Pelatihan Penguji Uji Kinerja sajalah yang diperkenankan menguji. Para dosen ini akan diberikan Nomor Registrasi Penguji (NRP) Ukin UKM PPG sebagai lisensi menguji Ukin UKM PPG. (nlm)