Sebanyak 34 dari 44 peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahap II Bahasa Indonesia memenuhi undangan Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ (Ibu N. Lia Marliana) untuk mengikuti kegiatan Orientasi Prodi di Ruangan Q.105 UNJ pada Rabu, 11 Juli 2018, pukul 13.00-15.00. Kegiatan ini diawali dengan penerimaan dan ucapan selamat datang di UNJ oleh Koorprodi PBI kepada para guru SMP, SMA, dan SMK dari berbagai sekolah di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

 

Koorprodi PBI memaparkan profil Prodi PBI dan mengenalkan para dosen yang akan menjadi instruktur atau dosen pengampu pada kegiatan Hybrid Learning PPG dalam Jabatan Tahap II dari mulai DAR I Modul Pegagogi, hingga DAR II Modul Bidang Studi. Tampak hadir Ibu Sri Suhita, Bapak Edi Puryanto, Ibu Reni Nur Eriyani, Ibu Rahmah Purwahida sebagai admin/helpdesk, dan Koordinator PPG dalam Jabatan Ibu Siti Ansoriyah. 

 

Ibu Rahmah menjelaskan tahapan-tahapan sistem pembelajaran daring (spada) yang dilakukan menggunakan laman spada.brightspace.com. Semua guru menyimak dengan saksama dan sesekali bertanya kepada Ibu Rahmah. Di antara yang hadir, terdapat sepuluh alumni Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan seorang alumnus Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ yang menjadi peserta Hybrid Learning ini.

 

Satu demi satu para dosen pun memberikan pengarahan kepada para guru mengenai pembelajaran daring pada materi pedagogi dan materi bidang studi. Ibu Reni Nur Eriyani sebagai instruktur modul pertama, memberikan arahan dan saran-saran agar hambatan yang pernah dialami peserta tahap pertama tidak dialami peserta tahap kedua ini. Setelah semuanya jelas dan tidak ada lagi pertanyaan dari para guru; Koorprodi PBI kemudian menutup kegiatan ini pada pukul 15.00. (nlm)