Pembelajaran dengan modul daring bagi peserta PPG Daljab (dalam Jabatan) memang menyisakan berbagai persoalan, salah satunya ketidaksiapan sistem. Selain itu, proses migrasi dari Spada Ristekdikti ke Spada Brightspace pun meninggalkan jejak permasalahan yang akhirnya harus dicek ulang dan direvisi para penulis modul (jika terkait content) dan helpdesk/admin IT jika terkait IT. Namun, pada Selasa-Rabu, 3-4 Juli 2018 pukul 10.00-16.00 di Gd. Ki Hajar Dewantara Lantai 4 UNJ, para penulis modul Hybrid Learningdari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi PAUD masih harus menambahkan beberapa hal terkait content modul yang masih belum sempurna. Aspek-aspek yang harus direvisi, yaitu: 1) sapaan pada awal kegiatan belajar, 2) capaian pembelajaran, 3) subcapaian pembelajaran, 4) pokok materi, 5) uraian materi, 7) video, 8) rangkuman, 9) tugas, 10) tes formatif, 11) tugas akhir, 13) tes sumatif, dan 14) daftar pustaka. Para dosen penulis modul bidang studi dari Prodi PBI ini hanya perlu menambahkan tugas akhir dan tes sumatif yang masih kurang 10 nomor.

 

Para penulis modul dari Prodi PBI yang hadir pada hari pertama ialah Ibu Sri Suhita, Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu N. Lia Marliana, Bapak Edi Puryanto, Ibu Siti Ansoriyah, dan Ibu Rahmah Purwahida. Dua penulis lainnya berhalangan karena ada kegiatan lain, yaitu Bapak Sam Mukhtar Chaniago dan Ibu Reni Nur Eriyani. Kegiatan ini dibantu parahelpdesk dan admin UNJ dan Prodi PBI. Kegiatan yang dibuka oleh Bapak Khaerudin sebagai koordinator kegiatan dari LP3M UNJ ini memang telah dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 29 Juni-1 Juli lalu yang diselenggarakan Belmawa, namun karena beberapa hal, banyak koordinator penulis modul yang berhalangan hadir. Hal ini kemudian diantisipasi LP3M UNJ dengan membuka workshop serupa yang lebih intensif dan efektif karena melibatkan semua penulis modul. 

 

Pada awal kegiatan, Bapak Khaerudin memaparkan dahulu tayangan mengenai pembelajaran dengan Spada Ristekdikti dan aspek-aspek apa saja yang menjadi sasaran para penulis modul di dalam Spada modul masing-masing. Semua peserta workshop ini kemudian bekerja merevisi modul masing-masing hingga sore hari. Sesekali helpdesk/admin UNJ dan Prodi PBI (Ibu Rahmah Purwahida) membantu membimbing penulis modul mengisi content tugas akhir dan tes sumatif di dalam Spada Ristekdikti. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini pun berakhir pada Rabu, 4 Juli 2018 pukul 15.00. (nlm)