Segenap sivitas akademika memenuhi Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ pada Kamis, 28 Juni 2018, pukul 13.00-15.00 untuk menyaksikan acara peluncuran dan bedah buku novel karya salah satu dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ, Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.. Judul novel beliau adalah “Tanpa Kata” yang diterbitkan oleh TSI (The Sadari Institute) di Bandung.

Pembahas novel Ibu Endry ialah Bapak Fahmi Idris (politikus senior Golkar) dan Ibu Helvy Tiana Rosa (dosen Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ). Beliau berdua dipandu oleh Ibu Fathiaty Murtadho, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ. Sebelumnya, pewara mengundang penulisnya untuk menceritakan sejarah singkat proses penciptaan novel tersebut di hadapan sekitar 300 hadirin dari kalangan dosen, mahasiswa, guru, dan undangan lain.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UNJ mewakili Plt. Rektor UNJ ini juga turut dihadiri oleh Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, dan Wakil Rektor IV UNJ, serta Dekan dan Wakil Dekan II FBS UNJ. Dekan FBS pun berkesempatan memberikan sambutan dan apresiasi kepada Ibu Endry.

Sebelum dimulainya kegiatan bedah buku, Bapak Ramdhani (dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab FBS UNJ) memimpin doa untuk kelancaran acara, sekaligus mendoakan Almarhumah Ibu Suhertuti, dosen Prodi PBI FBS UNJ yang baru berpulang pada 21 Juni 2018. Sempat ditayangkan pula profil dan foto-foto kenangan almarhumah bersama para dosen dan mahasiswa UNJ.

Kegiatan bedah buku “Tanpa Kata” ini juga dihadiri para dosen purnabakti Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu Ibu Rosmid Rosa, Ibu Zulfahnur Z.F., Ibu Sabarti Akhadiah, dan Ibu Yuniar Z.Adji. Beliau-beliau sekaligus hadir memberikan ucapan selamat merayakan hari kelahiran Ibu Endry yang jatuh bertepatan dengan acara peluncuran dan bedah buku tersebut. Acara ini pun berakhir pada pukul 15.00 dengan berfoto di depan aula bersama para undangan dan panitia. (nlm)