Innalillahi wainnailaihirajiuun, pada Kamis, 21 Juni 2018, dini hari pukul 04.03, salah seorang dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu Dra. Hajjah Suhertuti, M.Pd. karena sakit. Latar pendidikan Almarhumah S1 di IKIP Medan pada 1983, kemudian S2 di IKIP Bandung pada 1993 membawanya menjadi dosen tetap di UNJ.

 Mantan Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini banyak meneliti tentang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Ketua PBM di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ ini pernah meneliti tentang Persepsi Guru Bahasa Indonesia tentang materi Sastra pada KTSP dan Kurikulum 2013, pada 2013; Pengembangan Model Materi Ajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Bantu Di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta, pada 2013; Kemampuan Mengajar dalam Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pada 2014; Model Instrumen Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Jenjang SMP di Jakarta Timur, pada 2015; Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di SMPN Jakarta Timur, pada 2016; Persepsi guru mata pelajaran bahasa indonesia terhadap pembelajaran sastra pada KTSP dan Kurikulum 2013, pada 2017. Selain itu, penulis juga memberikan pelatihan-pelatihan bagi para guru, baik pada PPG SM3T, PLPG, maupun para guru dalam kelompok MGMP di Jakarta dan Banten, yaitu dalam penyusunan RPP berdasarkan Kurikulum 2013; pelatihan menulis karya tulis ilmiah bagi guru Bahasa Indonesia, serta pelatihan penyusunan instrumen evaluasi bagi para guru SMP.

 Almarhumah mengajar mata kuliah PBM, seperti Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia, Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia, Microteaching, Interaksi Belajar Mengajar, Strategi Belajar Mengajar, Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia, dan Bahasa Bantu di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ. Almarhumah Ibu Suhertuti juga menulis beberapa artikel yang dimuat di dalam Buku Monograf Refeleksi Pengajaran yang diterbitkan FBS UNJ pada 2015, 2017, dan 2018 mengenai pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 Sejak 2013, Almarhumah menjadi Koordinator PPG SM3T di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ hingga Allah memanggilnya di usia 60 tahun. Dedikasi, komitmen, integritas, dan tanggung jawab Almarhumah Ibu Suhertuti dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi di Kampus UNJ, khususnya di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia ini telah ditunjukkan secara optimal. Dalam keadaan sakit pun, Ibu dengan satu putra dan satu putri, serta bercucu dua anak ini masih tetap meluangkan ke kampus untuk mengajar dan memberikan pelayanan bimbingan skripsi kepada mahasiswa. Terakhir kehadirannya di UNJ pada 30 Mei 2018 sehari menjelang hari lahir Almarhumah ke-60. Hingga akhirnya Almarhumah Ibu Suhertuti meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya. Selamat jalan Ibu Suhertuti, kami semua akan selalu mengenang kebaikan yang selalu ibu tanamkan dan sebarkan kepada kami semua di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya di Prodi PBI FBS UNJ. (nlm)