Pada Selasa, 5 Juni 2018, pukul 10.30-13.00 dilaksanakan kegiatan taklimat oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (Koorprodi PBI) FBS UNJ kepada para peserta PPG dalam Jabatan untuk bidang studi Bahasa Indonesia di Ruangan Gedung Q.102 UNJ. Sebanyak 30 peserta PPG dalam Jabatan yang telah minimal enam tahun mengajar di SMP, SMA, dan SMK ini mengikuti taklimat Koorprodi PBI setelah sebelumnya mereka mendapat penjelasan mengenai pelaksanaan PPG dalam bentuk hybrid learning oleh LP3M UNJ di Aula Bung Hatta Lantai II Gedung Pascasarjana UNJ pada pukul 08.00-10.30.

Taklimat dan bimbingan teknis pelaksanaan PPG dalam Jabatan bidang studi Bahasa Indonesia ini selain disampaikan Koorprodi PBI, Ibu N. Lia Marliana, juga disampaikan oleh Ibu Reni Nur Eriyani dan Ibu Rahmah Purwahida. Ibu Reni merupakan dosen pengampu Modul 1-3 materi pedagogi, Ibu Lia sebagai dosen pengampu Modul 4-6 materi pedagogi, dan Ibu Rahmah sebagai helpdesk prodi. Ibu Reni dan Ibu Rahmah membimbing peserta mengaktifkan akun masing-masing hingga bisa masuk ke lamanppgspada.brightspace.com. Tidak hanya itu, peserta diperkenalkan dengan fitur-fitur yang ada di dalam laman tersebut hingga nantinya dapat melaksanakan pembelajaran daring dimulai 4 Juni hingga 26 Agustus 2018 dapat menguasai modul pedagogi dan modul bidang studi. Untuk selanjutnya, pada 27 Agustus hingga 30 September 2018, semua peserta ini melaksanakan kegiatan PPG tatap muka dalam bentuk lokakarya di UNJ. Pada kesempatan ini, Koorprodi PBI pun menjelaskan bahwa para peserta setelah melaksanakan lokakarya, akan mengikuti kegiatan PPL di sekolah mitra selama tiga minggu.

Prodi PBI FBS UNJ yang terakreditasi A inj mendapat Peluang menyelenggarakan akademik Program PPG dalam Jabatan bersama tiga prodi lainnya di UNJ, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, serta PGSD.  Selain itu, Prodi PBI pun berkesempatan menjadi penulis enam modul daring untuk materi bidang studi yang dipergunakan para peserta PPG dalam Jabatan tahun 2018 ini. (nlm)