Seminar Eksofora Prodi PBI FBS UNJ

Peningkatan mutu perkuliahan Keterampilan Berbicara Interaktif (KBI) di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ seperti tahun-tahun sebelumnya, dilakukan dengan mengundang praktisi ke dalam kelas. Namun kegiatan perkuliahan ini diformat dalam bentuk seminar yang dapat dihadiri oleh umum. Pada Selasa, 5 Juni 2018, pukul 08.00-16.00, di Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ diselenggarakan kegiatan seminar yang bertajuk “eksofora” atau kepanjangan dari “eksistensi seseorang dengan fondasi berbicara” dengan tema “tunjukkan jati diri di zaman milenial dengan terampil berbicara”. Di dalamnya, para mahasiswa angkatan 2016 kelas 2PB1 tidak hanya menjadi pembicara yang akan mempresentasikan makalah berbicara sebagai syarat kelulusan mata kuliah KBI, tetapi bertindak juga sebagai penyelenggara seminar dan panitia acara.

 

Dosen pengampu mata kuliah KBI ini, yaitu Ibu Fathiaty Murtadho membekali mahasiswa dengan keterampilan berwirausaha mengelola seminar selain yang utama mewujudkan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah KBI sesuai RPS. Ujian Akhir Semester mata kuliah di Prodi PBI memang dilakukan dengan cara yang variatif; salah satunya seperti yang dilakukan kelas KBI dengan bimbingan Ibu Fathiaty ini. Para mahasiswa menyediakan sertifikat, seminar kit, serta door prize bagi peserta seminar. Mereka mengundang narasumber yang merupakan seorang presenter, jurnalis, dan penulis, yaitu Bapak Maman Suherman. Narasumber hadir pada pukul 14.00-16.00 dipandu oleh Muhammad Afi, salah seorang anggota kelas 2PB1. 

 

Kegiatan seminar yang juga berisi hiburan musik Teater Zat ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FBS (Bapak Syamsi Setiadi). Sementara itu, Koordinator Prodi PBI FBS UNJ (Ibu N. Lia Marliana) menutup kegiatan seminar ini dengan menyampaikan cendera mata kepada narasumber. Seminar yang sangat bermanfaat ini pun diakhiri dengan berfoto bersama narasumber, seluruh panitia dan peserta, kemudian pembagian door prize kepada peserta. (nlm)