Delapan penulis modul daring dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia pada Sabtu dan Minggu, 2-3 Juni 2018 pukul 08.00-15.30, mengikuti kegiatan Bimtek Hybrid LearningPPG dalam Jabatan melalui Spada Ristekdikti di Aula Gedung M. Syafei Lantai 8 UNJ. Kedelapan penulis modul hybrid learning bagi para guru peserta PPG dalam Jabatan ini dua di antaranya sebagai dosen pengampu modul pedagogik, yaitu Ibu N. Lia Marliana dan Ibu Reni Nur Eriyani, lima di antaranya sebagai dosen pengampu modul bidang studi, yaitu Ibu Sri Suhita, Sintowati Rini Utami, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Bapak Edi Puryanto, dan Ibu Siti Ansoriyah. Sementara Ibu Rahmah Purwahida (nantinya dibantu Ibu Marlina) sebagai admin help desk Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. 

 

Pada tahun ini, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mendapat amanah mengelola akademik Program PPG dalam Jabatan sebanyak satu kelas; tiga puluh guru dari berbagai sekolah, SMP dan SMA. Di UNJ, selain Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, tiga prodi lainnya yaitu Prodi Penjaskesrek, Prodi PGSD, dan Prodi Matematika juga mendapat kepercayaan mengemban tugas memberikan pendidikan dan pelatihan dalam bentuk hybrid learning, yaitu pembelajaran daring dan lokakarya tatap muka. 

 

Pada hari pertama bimtek, lima narasumber memberikan pengarahan dan penjelasan kepada para dosen dari tiga universitas, yaitu UNJ, Universitas Kristen Atmajaya, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Keempat narasumber tersebut ialah Ketua LP3M UNJ, Bapak Totok Bintoro; Bapak Khaerudin (Koorpus Sertifikasi dan Pendidikan Profesi); Bapak Uwes, Bapak Muhammad Nur Hudha, M.Pd.; dan Bapak Rangga Firdaus, M.Kom. Selain itu, dari Belmawa Ristekdikti dihadiri oleh stafnya yaitu Bapak Hafiz Sezario Indra, S.I.Kom.  Semua peserta dilatih mempraktikkan membuka laman https://sejahtera.brightspacedemo.com dan berlatih mengunggah data dalam bentuk teks, audio, video, dan lain-lain. Peserta juga dibimbing cara membuat modul, membuat announcement, dan lain-lain. Setelah berlatih, narasumber mempersilakan perwakilan tiga universitas untuk maju menunjukkan hasil pekerjaannya. Dari UNJ diwakili oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ibu N. Lia Marliana yang mendemonstrasikan modul yang berhasil dibuat sendiri, announcement pada awal modul, serta unggahan data dalam bentuk ppt. Selain itu, Ibu Lia juga memperlihatkan modul dan puisi yang berhasil dibuat dan diunggah Bapak Sam.

 

Pada hari kedua, semua peserta belajar membuat tugas, memberikan nilai, melakukan video conference (vicon), menggunakan forum diskusi, dan membuat grade nilai. Kelompok Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia berhasil melakukan vicon. Bapak Sam maju mewakili seluruh peserta untuk menyampaikan manfaat kegiatan bimtek ini kepada narasumber bimtek, Bapak Rangga. Bapak Rangga pun memberikan hadiah kepada Bapak Sam. Kegiatan yang sangat bermanfaat ini pun berakhir lebih cepat pada pukul 12.30. (nlm)