Sosialisasi dan Workshop Persiapan Penugasan Dosen di Sekolah

Selama dua hari, Jumat-Sabtu, pk10.00-21.00, pada 1-2 Juni 2018 di Hotel Amarossa Bekasi dilaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop Persiapan Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Kegiatan yang diselenggarakan oleh LP3M UNJ ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II UNJ, Bapak Komarudin. Setelah paparan WR II UNJ, Kepala LP3M UNJ (Bapak Totok Bintoro) kemudian menjelaskan tentang konsep PDS dan tujuannya.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh para koordinator program studi (koorprodi) dari delapan prodi di UNJ. Lima di antaranya adalah prodi pemenang Hibah Revitalisasi Kurikulum pada 2016 dan Hibah Perangkat Pembelajaran pada 2017 lalu, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mewakili FBS, Prodi Pendidikan Matematika mewakili FMIPA, Prodi Penjaskesrek mewakili FIO, Prodi Pendidikan Geografi mewakili FIS, Prodi Pendidikan Ekonomi mewakili FE, ditambah Prodi PLB dan Prodi PGSD mewakili FIP. Setiap prodi didampingi dosen yang ditunjuk prodi sebagai dosen PDS (Penugasan Dosen di Sekolah). Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia (Ibu N. Lia Marliana) melibatkan Ibu Sri Suhita yang nantinya akan ditugaskan mengajar di SMAN 22 Jakarta Timur. Sementara seorang dosen Prodi PBI lainnya akan ditugaskan mengajar di SMPN 47 Jakarta Timur, yaitu Ibu Rahmah Purwahida. 

 

Setelah paparan Pak Totok, selanjutnya Koordinator Pusat UPT PPL/PKM Ibu Gusti Yarmi menjelaskan teknis pelaksanaan Program PDS. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi para peserta dan tim pengembang PDS yang terbagi atas dua kelompok, yaitu kelompok 1 berisi tim pengembang dan kelompok 2 berisi para koorprodi dengan para dosen PDS. Diskusi pun berakhir hingga pukul 22.00 dengan presentasi hasil diskusi kedua kelompok. Hingga akhirnya, Korpus PPL/PKM pun menutup secara resmi kegiatan Sosialisasi dan Workshop Persiapan Penugasan Dosen di Sekolah. (nlm)