Jakarta (21/5/2018), prestasi kali ini datang dari peserta PPG SM-3T Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta bernama Desti Natalia, S.Pd. yang merupakan salah satu alumnus Universitas Bengkulu.

 

Ia berhasil memenangkan Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Baca Tulis yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka Gerakan Literasi Nasional 2018.

Buku yang ditulis oleh bagian dari Laskar Bahasa VI (sapaan akrab PPG SM3T Bahasa Indonesia) ini berkaitan dengan cerita anak Indonesia yang ia angkat berdasarkan pengalamannya selama mengikuti program SM-3T di Kabupaten Pasaman Barat, tepatnya di salah satu desa yang disebut Jorong Guo. Buku yang ia tulis mengangkat tema tentang cerita anak-anak di Jorong Guo yang diberi judul “Anak Guo”. Anak Guo yang berarti anak gua, karena nama desa tempat ia mengabdi  adalah Jorong Guo yang memiliki salah satu objek wisata sebuah gua yang dikenal dengan Guo Torus. Buku Anak Guo ini berisikan keseharian dan kebiasaan yang dilakukan oleh anak-anak Jorong Guo dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selain itu, dengan latar belakang kehidupan dan bahasa yang beragam, serta kondisi desa yang masih asri, ia memberikan gambaran bagaimana indah dan kayanya alam Indonesia.

Berbekal pengalaman dari tempat pengabdiannya selama satu tahun, akhirnya buku yang ia tulis berhasil masuk kategori 73 buku terpilih dari seluruh Indonesia. Buku yang terpilih akan melalui serangkaian proses penyempurnaan agar menjadi bahan literasi yang dapat diterima masyarakat. Para penulis buku terpilih akan diikutsertakan dalam kegiatan pertemuan penulis bahan bacaan literasi dari seluruh Indonesia.

 

Melalui karya tulisnya, ia berharap cerita dalam bukunya dapat bermanfaat bagi seluruh pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia. Selain itu, ia juga mengajak seluruh generasi muda untuk semangat menulis, karena melalui sebuah tulisan kita bisa berbagi ilmu pengetahuan agar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Salam Literasi! (DN)