Koordinator Program Studi (Koorprodi) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), Koorprodi Pendidikan Bahasa Inggris, serta satu dosen yang mewakili Koorprodi Pendidikan Musik dan Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bersama-sama dengan Prodi PAUD FIP UNJ dan tim IT dari LP3M UNJ memenuhi undangan Dirjen Belmawa Ristekdikti untuk Workshop Penataan (Assembling) Materi Modul Daring ke dalam LMS Spada Indonesia bagi Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG daljab) tahun 2018. LP3M UNJ diwakili oleh Korpus Sertifikasi dan Pendidikan Profesi, Bapak Dr. Khaerudin.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Ambhara Jakarta Selatan sejak Selasa, 8 Mei hingga Kamis, 10 Mei 2018. Tidak hanya UNJ yang diundang, enam LPTK lainnya, yaitu UPI Bandung, Universitas Negeri Yogyakarya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Negeri Makasar bersama tim IT-nya dan tim IT dari Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara turut pula hadir. Kegiatan yang berlangsung sangat padat hingga tengah malam ini harus menghasilkan produk modul daring yang terunggah di LMS Spada Ristekdikti. 

 

Dari FBS UNJ, pengelola PPG dalam Jabatan yang dipercaya menyusun modul hybrid learning ini yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Tari, dan Pendidikan Musik. Setiap prodi menulis enam modul yang masing-masing terdiri atas empat kegiatan belajar. Semua modul ini pada 12 Mei 2018 ini akan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Ristekdikti agar bisa segera dipakai oleh para guru sebagai bagian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada pertengahan tahun 2018 ini. (nlm