Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ dalam “Festival Band Competition Indie Clothing Expo bersama Torabica Cappucino

Jakarta – Sabtu-Minggu (28-29/04/2018)
Satu grup band perwakilan Universitas Negeri Jakarta berkesempatan mengikuti kegiatan Festival Band Competition yang diselenggarakan oleh Indie Clothing Expo dan Torabica Cappucino di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Grup band yang dinamakan Zathera tersebut terdiri atas Lamnida Maria Margareth (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 2014/Vokalis), Windy Ekananda Putri (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 2014/ Keyboardis), Fajrin Yuristian (Alumni Prodi Sastra Indonesia, 2012/Gitaris), Esa Ahmad Khaosar (Alumni Prodi Sastra Indonesia, 2013/Basist),  Baramukti Aulia (Alumni Universitas Trisakti/Drumer), Muhammad Darmawan (Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 2013/Crew) dan Muhammad Thoriq (Prodi Manajemen, 2015/Crew)

Festival Band Competition di Jakarta dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu. Pada Sabtu dilaksanakan untuk babak penyisihan, pada babak ini ditugaskan untuk membawa 2 lagu, yang terdiri atas 1 lagu wajib (Jingle Torabica Cappucino) dan 1 lagu bebas, dimana keduanya diaransemen oleh masing-masing grup. Pada Minggu dilaksanakan babak final yang terdiri atas 5 grup yang dinyatakan lolos dari tahap penyisihan. Di tahap final ini, masing-masing grup membawakan 2 lagu, yang terdiri dari 1 lagu wajib (Jingle Torabica Cappucino) dan 1 lagu bebas.

Festival band competition ini diselenggarakan dalam rangka meramaikan acara Indie Clothing Expo yang bekerjasama dengan Torabica Cappucino, yang bertujuan untuk mengenalkan produk atau brand dalam negeri

Peserta terdiri atas 15 grup yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Perlombaan ini sangat unik karena melibatkan grup-grup yang beragam dalam genrenya masing-masing sehingga akan memperkaya pengetahuan dalam bermusik. Selain itu, seminggu sebelum perlombaan pun setiap grup wajib mengirimkan perwakilannya untuk hadir di rapat teknis pada 18 April 2018 di Chics Music Studio, Rawamangun, Jakarta Timur. Di rapat teknis tersebut peserta dijelaskan mengenai teknis dan aturan di hari perlombaan dan yang menarik peserta diberikan materi atau workshop singkat tentang kiat-kiat menjadi band yang memiliki idealisme yang kuat.

Aspek penilaian yang diberikan oleh juri yaitu harmonisasi, originalitas aransemen, outfit, dan etika (baik di luar panggung dan di atas panggung). Setelah mengikuti babak penyisihan dan final, akhirnya Zathera berhasil meraih juara 1 dalam Festival Band Competition Indie Clothing Expo bersama Torabica Cappucino. Selamat kepada para pemenang! (FY)