Salah satu ujian dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM3T adalah Ujian Tulis Lokal (UTL). UTL ini merupakan salah satu prasyarat yang mesti dilalui para peserta PPG SM3T untuk menjadi seorang guru yang profesional. Untuk berlatih menghadapi UTL, pada setiap dua siklus, dilakukanlah tes formatif. Tes formatif pertama dihadapi para peserta PPG SM3T Bahasa Indonesia, yang akrab disapa Laskar Bahasa VI ini, langsung dua siklus, yaitu tes formatif I untuk siklus 1 dan siklus 2 Workshop SSP. Sementara tes formatif 2 akan dilaksanakan pada akhir siklus 4, lalu tes formatif 3 pada akhir siklus 6. Kegiatan tes formatif dilakukan pada Jumat, 4 Mei 2018, pukul 13.30-15.00 di Ruang Kelas PPG SM3T Bahasa Indonesia , di Gd. Adm. Lantai 3 UNJ.

 

Dalam tes tersebut, terdapat tiga butir soal berkaitan dengan studi kasus dalam kegiatan pembelajaran yang dihadapi guru sehari-hari. Tes formatif yang langsung diawasi oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Ibu N. Lia Marliana, S.Pd,M.Phil (Ling) berdua dengan Ibu Reni Nur Eriyani ini berlangsung dengan kondusif. 

“Tes ini akan berlangsung sampai pukul 03.00 sore. Diharapkan semua mampu menjawabnya sesuai dengan pengalaman masing-masing” ujar Ibu Lia.

 

Berbagai motivasi dan dukungan diberikan demi kelancaran tes hari ini. “Kalian pasti bisa mengerjakannya karena sudah memiliki pengalaman luar biasa di daerah 3T,” kata Ibu Lia. Semoga tes formatif ini menjadi awal kebaikan untuk kelulusan PPG Laskar Bahasa VI. Kesuksesan untuk sekarang dan untuk selamanya. Semangat selalu guru inspirasi Indonesia! (Annisa Riris Saputri)