Pada Rabu, 25 April 2018, pukul 08.00-13.00 sejumlah 26 mahasiswa kelas 1 PB 2 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ melaksanakan kegiatan observasi lapangan atau field trip ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan. Dalam kunjungan field trip ini, mahasiswa melakukan observasi dengan melakukan wawancara demi mendapatkan info dan dokumentasi mengenai budaya Betawi, khususnya di Setu Babakan untuk memperoleh data sebagai bahan menulis dalam mata kuliah Keterampilan Menulis Populer di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, yang diampu Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.

Untuk memudahkan kegiatan observasi di wilayah yang demikian luas, ada beberapa mahasiswa yang menyewa sepeda. Di Setu Babakan ini, selain ada danau sebagai tempat wisata, ada juga museum lukisan dan tempat pertunjukan yang besar. Sesuai dengan rencana tata ruang (RUTR) dan rencana bangun wilayah kota (RBWK) pada 1985-2005, wilayah Jagakarsa ditetapkan  sebagai wilayah penyangga dan resapan air, sehingga tata kelola peruntukan tanahnya harus seizin pemprov DKI Jakarta.

Kawasan cagar budaya Betawi Setu Babakan berada di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan DKI Jakarta.

Dalam perkampungan budaya Betawi ini, penduduk Setu Babakan masih mempertahankan dan melestarikan khas kehidupan Betawi, seperti melakukan pengajian, berorganisasi,  berdagang, membuat kerajinan dan membuat kuliner Betawi. Perkampungan ini dijadikan objek yang dipilih Pacific Asia Travel Assosiation (PATA) sebagai tempat kunjungan wisata tematik budaya pd 2002. (SA)