Jumat, 4 Mei 2018, pukul 16.00-17.30 di Gedung Q.105 UNJ dilaksanakan kegiatan pengarahan pra-Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) bagi para mahasiswa angkatan 2015. Para mahasiswa yang berjumlah 46 orang ini pada semester mendatang akan menempuh kegiatan PKM di 10 sekolah mitra di wilayah terdekat dengan Kampus UNJ.

Kegiatan ini dibuka oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana. Ibu Lia menjelaskan bahwa kegiatan PKM sekaligus pula sarana mengujicobakan metode pembelajaran yang diangkat dalam skripsi bagi mahasiswa yang mengambil metode penelitian eksperimen sehingga mahasiswa dapat selesai tepat waktu.

Kemudian penjelasan koorprodi ini dilanjutkan dengan pengarahan dari Koordinator PKM Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, yaitu Ibu Reni Nur Eriyani. Ibu Reni memaparkan persyaratan-persyaratan untuk didaftarkan sebagai peserta PKM. Yang pertama, mahasiswa sudah harus lulus semua mata kuliah MKDK, mata kuliah kependidikan di Prodi, mata kuliah inti di Prodi, dengan menyerahkan Daftar Hasil Studi (DHS) kepada Koordinator PKM Prodi PBI. Jika persyaratan pertama telah dipenuhi, mahasiswa akan memilih sekolah tempat PKM terdekat kampus. Prodi memberikan daftar sekolah dan mahasiswa memilih dengan membentuk 4-6 mahasiswa per kelompok sekolah. Mahasiswa lalu mengantarkan surat dari Prodi kepada kepala sekolah untuk mendapatkan persetujuan diterima. Barulah prodi akan mengirimkan data mahasiswa PKM kepada UPT PKM UNJ untuk diverifikasi kemudian. Sistem informasi terkait PKM pun sudah dilakukan secara daring melalui Siakad UNJ. Monev PKM pun dapat dilakukan dengan mudah melalui Siakad UNJ. (nlm)