Workshop SSP Siklus I dan II PPG SM3T UNJ

Workshop SSP PPG SM3T Bahasa Indonesia telah dimulai pada Februari lalu. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Adm. UNJ lantai 3 setiap Senin-Jumat, pukul 07.30-17.00 ini melibatkan 20 peserta PPG SM3T Bahasa Indonesia. PPG SM3T yang akademiknya dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ ini saat ini sudah mulai memasuki siklus ketiga. 

 

Pada siklus pertama dan kedua, para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mengisi materi penyusunan perangkat pembelajaran di SMP kelas 7 pada siklus I dan kelas 8 pada siklus II. Selain Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, ada pula beberapa dosen Prodi Sastra Indonesia yang terlibat mengisi materi PPG. 

 

Workshop SSP ini dilaksanakan dengan menggunakan beragam metode pembelajaran dan lokasi pembelajaran. Peserta PPG belajar tidak hanya di ruang kelas di Gd. Adm. UNJ saja, namun mereka pun mendapatkan pengalaman belajar di Laboratorium Bahasa di Gedung Q UNJ, untuk materi keterampilan berbahasa menyimak. Mereka juga diajak membuka buku-buku sumber di Perpustakaan Prodi PBI FBS UNJ di Gedung Q dan mengakses beragam sumber belajar di internet. Peserta PPG ini berkesempatan pula melakukan wawancara di sekitar kampus untuk materi keterampilan berbicara dan menulis. Kegiatan-kegiatan seminar pendidikan di Prodi PBI pun turut pula melibatkan peserta PPG yang akrab disapa Laskar Bahasa VI ini sebagai pesertanya. 

 

Mata workshop PPG ini di antaranya penyusunan silabus, RPP, materi ajar, LKS,  pengembangan media pembelajaran berbasis lingkungan dan TIK, serta penyusunan instrumen penilaian. Semuanya menjadi tagihan utuh dalam bentuk perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Kegiatan ini pun berisi pula pendalaman materi bahasa dan sastra Indonesia sebelum dimulainya workshop penyusunan perangkat pembelajaran pada siklus I. Kemudian pada akhir workshop, setiap siklusnya akan diakhiri dengan kegiatan peerteaching. Siklus kedua ini diakhiri pada Rabu, 18 April 2018. (nlm)