Forum Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia LPTK se-Indonesia di Medan

Sebanyak 12 Ketua Program Studi dari 12 LPTK eks-IKIP berkumpul di Medan pada Kamis-Jumat, 19-20 April 2018 untuk mengikuti kegiatan Revitalisasi Kurikulum KKNI Integrasi Academic Achievement. Salah satu pesertanya ialah Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana. Sementara Dekan FBS UNJ bertindak sebagai pengarah kegiatan FGD Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia semua LPTK.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Emerald Garden International Hotel ini melanjutkan pembahasan pada Forum FBS di Bali setahun lalu. Pembahasan terutama difokuskan pada persoalan Permata (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara) yang sudah berlangsung pada beberapa LPTK dan masih menimbulkan permasalahan. Kendala sebaran mata kuliah yang tidak sama, kurangnya koordinasi antarkaprodi, serta tidak adanya mata kuliah di prodi tujuan juga menjadi hal-hal yang dibincangkan dan dicari solusinya. 

 

Pada kesempatan ini, didata sebaran mata kuliah pada semua LPTK dari mulai semester satu hingga delapan. Kemudian, semua kaprodi mendata kembali mata kuliah yang tidak ada di LPTK lain dengan sebaran pada semester keberapa. Apabila tidak muncul mata kuliah di LPTK sasaran maka mahasiswa dapat mengambilnya di prodi lain atau menutup jumlah sks yang kurang dari sebaran mata kuliah lain di semester tersebut (dari paket yang ada di bawahnya atau di atasnya). Disepakati pula peserta Permata ialah mahasiswa pada semester 3 atau 4 saja di semester gasal atau genap. Diharapkan pertemuan kali ini menghasilkan kesatuan pandangan dengan sebaran mata kuliah yang memiliki kesamaan minimal 60% kurikulum program studi. Hal ini tentu saja demi keberlangsungan pelaksanaan Program Permata tanpa ada masalah lagi di kemudian hari. (nlm)