Workshop SSP PPG SM3T Bahasa Indonesia sudah berlangsung dua bulan ini di Gedung Adm. UNJ lantai 3 setiap Senin-Jumat, pukul 07.30-17.00. Tidak terasa, siklus pertama pun telah dilalui. Pada pengujung siklus, dilaksanakanlah kegiatan peerteaching

 

Kegiatan peerteaching siklus pertama Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), UNJ berlangsung lancar dan dipenuhi kreativitas. Kegiatan wajib selama Workshop PPG ini berlangsung selama dua hari. Pembahasan materi dalam Kurikulum 2013, meliputi Kompetensi Dasar kelas VII semester gasal dan genap. Siklus I ini menampilkan sepuluh peserta pada Selasa, 3 April 2018 dan dilanjutkan sepuluh peserta terakhir pada Rabu, 4 April 2018. 

 

Pada hari pertama peerteaching, para peserta PPG SM3T Bahasa Indonesia yang biasa disapa Laskar Bahasa VI ini menyampaikan materi yang termuat di KD 3.1, 4.1, 3.2, dan 4.2 mengenai teks deskripsi. Keempat KD ini disampaikan oleh Siti Rosika, Ruth Yanti Sinaga, dan Lina Puspitasari. Sementara itu, materi teks narasi pada KD 3.3, 4.3, 3.4 dan 4.4 disampaikan oleh Desti Natalia, Dina Mian, Girik B. Peranginangin, dan Yanti Rukia Pasaribu. Selanjutnya KD 3.5, 4.5, 3.6 dan 4.6 membahas tentang teks prosedur disampaikan oleh Agung Prasetiya, Vani Manurung, dan Rengga Pinaris.

 

Selanjutnya, peerteaching hari kedua diawali oleh penampilan Ade Broto Laras Ramadhani dan Septi Ria Ariani Hasan yang menyampaikan materi dalam KD 3.7, 4.7, 3.8 dan 4.8 mengenai teks laporan hasil observasi. Kemudian, materi untuk KD 3.9, 4.9, 3.10 dan 4.10 disampaikan oleh Mariska Septria dan Engelina L. Pasogit Manullang, yaitu membahas tentang buku fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya Ahmad Nurrudin dan Himmah Rahmawati menyampaikan materi teks surat pribadi dan teks surat dinas pada KD 3.11, 4.11, 3.12 dan 4.12. Materi tentang sastra lama berupa teks puisi rakyat (pantun dan syair) pada KD 3.13, 4.13, 3.14, dan 4.14 disampaikan oleh Annisa Riris Saputri dan Algina Andreani Eva Tarigan. Pada pertemuan terakhir, peerteaching siklus pertama disampaikan oleh Mariani dan Marien Evi Listyorini untuk KD 3.15, 4.15, 3.16, dan 4.16 terkait materi teks fabel/legenda.

 

Kegiatan peerteaching yang berlangsung dua hari ini terlaksana dengan lancar dan tanpa halangan apapun. Penampilan seluruh peserta peerteaching dapat dikatakan memukau para penilai dari dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, yakni Ibu N Lia Marliana, S.Pd., M.Phil, Ibu Reni NurEriyani, M.Pd, Ibu Dra. Sri Suhita, M.Pd, Ibu Siti Ansoriyah, M.Pd, serta dosen Prodi Sastra Indonesia Ibu Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum. Selain dosen, guru pamong dari SMA Negeri 31 Jakarta pun dilibatkan menilai kegiatan peerteaching ini, yakni Bapak Sunardi, M.Pd.

 

Saat memberikan masukan terakhir, Bapak Sunardi menyampaikan harapannya kepada Laskar Bahasa VI. “Saya sangat berharap, nanti pada saat PPL, metode dan media yang ditampilkan saat ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik nanti sehingga peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar yang baru,” Ujar Bapak Sunardi.

 

Seluruh peserta PPG Laskar Bahasa VI menunjukkan kemampuannya dengan maksimal. Hal ini terlihat dari penggunaan metode pembelajaran yang digunakan sangat variatif dan dipadukan dengan media pembelajaran berbasis Informasi dan Teknologi (IT) dan media berbasis lingkungan yang kreatif dan menarik. Hasil evaluasi pada siklus pertama ini, yaitu Laskar Bahasa VI diharapkan menyempurnakan peerteaching selanjutnya, yakni pada siklus kedua nantinya, berdasarkan masukan dari para dosen dan tim observer. Terlebih lagi, pengalaman pada setiap siklus diharapkan akan diterapkan pada saat Program Pengalaman Lapangan (PPL) agar  metode dan media pembelajaran yang variatif ini dapat meningkatkan daya tarik siswa untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. (Ade Broto Laras Ramadhani&

Annisa Riris Saputri)