Johor Bahru – Kamis (12/04/2018) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta berkesempatan melakukan lawatan akademik ke Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) Malaysia. Lawatan akadamik di SIJB dilaksanakan pada hari kedua perjalanan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan KKL yang dilakukan oleh Prodi PBI FBS UNJ pada 11-13 April 2018 untuk mengunjungi dua negara Singapura dan Malaysia.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa melakukan penelitian tentang Kurikulum 2013 dan Gerakan Literasi di sekolah tersebut. Penelitian itu dilakukan oleh 14 kelompok yang terdiri atas 46 mahasiswa PBI 2015 dengan objek SD dan SMP. Setiap kelompok mendapatkan subtema penelitian yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Kurikulum 2013
  2. Buku Teks
  3. Metode Pembelajaran
  4. Media Pembelajaran dan Sarana Prasarana Sekolah
  5. Macroteaching (mahasiswa mengajar di kelas)
  6. Penilaian Autentik
  7.   Minat Baca Siswa

Penelitian dilakukan dengan metode observasi, tanya jawab/wawancara, penyebaran angket, analisis isi, serta eksperimen. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Indonesia Johor Bahru bertujuan untuk melihat sejauh mana Kurikulum 2013 diterapkan di sekolah tersebut serta tingkat literasi pada siswa. Hal ini dilakukan karena kondisi sekolah SIJB yang jauh dari Indonesia dan minimnya pelatihan Kurikulum 2013 untuk guru.

Salah satu guru SD yang berhasil diwawancai, yaitu Bapak Rahmat Suardi, S.Pd. Beliau mengatakan bahwa salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam mengajar tematik untuk anak-anak Indonesia yang tinggal di Malaysia ialah dengan menguatkan nilai-nilai nasionalisme Indonesia.

“Mereka sudah terbiasa hidup dengan lingkungan sini yang jauh dari Indonesia, di sini salah satu metode yang saya gunakan ialah saya selalu menyisipkan dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran. Agar mereka tetap cinta pada Indonesia, walau mereka saat ini jauh dari Indonesia”, ujar Rahmat.

Saat penelitian berlangsung, para siswa SD dan SMP sangat antusias untuk ditanya ataupun sekadar berbincang. Hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang aktif menjawab pertanyaan atau bertanya ataupun bahkan sekadar meminta foto bersama.

Selain melakukan pengajaran dan penelitian di SIJB, para mahasiswa angkatan 2015 ini juga memberikan sumbangan buku-buku bacaan sebagai media literasi siswa dan memperkaya perpustakaan sekolah yang diserahkan oleh Ketua dan Wakil Panitia KKL, yaitu Nadya dan Wisnu kepada Wakasek Kurikulum SIJB. Selain itu, mereka juga menyumbangkan buku Antologi Naskah Drama ber-ISBN yang ditulis oleh mereka beberapa bulan sebelum keberangkatan KKL.

Hasil penelitian tersebut nantinya akan dijadikan laporan penelitian setiap kelompok dan dipaparkan pada seminar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mendatang. Seminar juga akan dihadiri oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia seluruh angkatan. Hal ini sekaligus dapat dijadikan sebagai pembelajaran kuliah secara eksplisit. (Ricky Subagya)