Workshop Praktik Penyuntingan di Penerbit Buku dan Media Cetak

Workshop Praktik Penyuntingan di Penerbit Buku dan Media Cetak

Pada Rabu, 28 Maret 2018, pukul 09.00-16.30 dilaksanakan kegiatan Workshop Praktik Penyuntingan di Penerbit Buku dan Media Cetak oleh 60 mahasiswa angkatan 2014 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), FBS UNJ yang mengikuti perkuliahan Penyuntingan. Mata kuliah ini terdiri atas dua kelas dan masing-masing diampu oleh Ibu N. Lia Marliana dan Ibu Siti Ansoriyah. Kegiatan workshop ini adalah bagian dari peningkatan mutu perkuliahan Penyuntingan. Salah satunya, dengan mengundang dosen tamu dari praktisi media cetak dan penerbit buku.

Workshop pertama menyajikan materi tentang Praktik Penyuntingan di Penerbit Buku dengan narasumber Bapak Anang Solihin Wardan, Kepala Bagian Penerbitan Buku PT Rosdakarya, Bandung. Beliau juga alumnus Program Editing Universitas Padjajaran Bandung. Materi pertama disajikan Bapak Anang dari pukul 09.00-12.30. Pada kesempatan ini, Bapak Anang memberikan evaluasi praktik menyunting naskah buku kepada para mahasiswa peserta workshop. Para peserta menyunting secara manual dengan menggunakan tanda-tanda koreksi.

Pada sesi kedua, dosen tamu dari Harian Media Indonesia, Bapak Suprianto Anaf menyajikan materi Praktik Penyuntingan di Media Cetak. Beliau ialah Redaktur Bahasa Harian Media Indonesia. Pada akhir sesi, beliau juga memberikan latihan kepada peserta, yaitu naskah-naskah mentah liputan wartawan yang belum diedit. Para peserta berlatih menyunting dengan menggunakan perangkat mengetik.

Pada akhir kegiatan, dilakukan sesi pemberian cendera mata kepada dua dosen tamu prodi oleh Koorprodi PBI, Ibu N. Lia Marliana didampingi dosen pemgampu Penyuntingan, Ibu Siti Ansoriyah. (nlm)