Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi 

 

 

Jumat hingga Minggu, 23-25 Maret 2018 di Hotel Horison Bekasi dilaksanakan Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi yang diselenggarakan oleh LP3M UNJ. Para peserta workshop ini, yaitu tujuh prodi pemenang Hibah Revitalisasi Kurikulum tahun 2016 dan Hibah Perangkat Pembelajaran tahun 2017. Undangan diperuntukkan bagi para koordinator program studi dan satu dosen yang mewakili prodi. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua LP3M UNJ yang diwakili oleh Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Disabilitas LP3M UNJ Bapak Asep Supena. Narasumber kegiatan ini yaitu Bapak Syamsul dari Institut Teknologi Surabaya (ITS). 

 

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ menjadi peserta kegiatan workshop ini. Prodi PBI telah meraih Hibah Revitalisasi Kurikulum pada tahun 2016 dan Hibah Perangkat Pembelajaran pada tahun 2017, serta sekarang ini dilibatkan kembali untuk hibah yang ketiga sebagai tindak lanjut hibah-hibah sebelumnya. Tampak hadir menjadi peserta workshop selama tiga hari ini, Koorprodi PBI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana dan dosen Prodi PBI Ibu Rahmah Purwahida. 

 

Kegiatan Workshop Penyempurnaan Kurikulum ini menghasilkan produk dokumen kurikulum yang dipresentasikan pada hari ketiga workshop, yang telah disempurnakan dari mulai Capaian Pembelajaran (CP), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Sub-CPMK, bahan kajian, cara menghitung bobot sks, hingga deskripsi mata kuliah sesuai dengan CPMK. Prodi PBI pada tahun 2016 telah menghasilkan dokumen kurikulum ini saat workshop kurikulum di Hotel Ibis, dan telah menghasilkan perangkat pembelajarannya pada lima mata kuliah model saat workshop di Hotel Harris Sentul pada 2017 lalu. 

 

Sebelumnya Workshop Penyempurnaan Kurikulum ini diadakan, telah diadakan dahulu kegiatan Rapat Persiapan Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi pada Jumat, 9 Maret 2018, pukul 14.00-16.30 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 4 UNJ yang dihadiri oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Koorprodi Pendidikan Tata Boga, Koorprodi Pendidikan Geografi, Koorprodi PAUD, Koorprodi Pendidikan Matematika, dan dosen yang mewakili Koorprodi Pendidikan Penjaskesrek dan Prodi Pendidikan Ekonomi. (nlm)