Rapat Persiapan Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi

Menjelang dilaksanakannya Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi pada minggu mendatang, LP3M UNJ mengundang dahulu tujuh prodi pemenang Hibah Revitalisasi Kurikulum tahun 2016 dan 2017 untuk hadir dalam kegiatan Rapat Persiapan Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi pada Jumat, 9 Maret 2018, pukul 14.00-16.30 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 4 UNJ. Rapat ini dihadiri oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Koorprodi Pendidikan Tata Boga, Koorprodi Pendidikan Geografi, Koorprodi PAUD, Koorprodi Pendidikan Matematika, dan dosen yang mewakili Koorprodi Pendidikan Penjaskesrek dan Prodi Pendidikan Ekonomi. Selain itu hadir pula para staf Pustikom UNJ terkait Sistem Informasi Kurikulum (Sikur). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Asep Supena, Koordinator PPALD LP3M UNJ sekaligus memandu rapat ini hingga selesai.

Bapak Asep mengajak para koorprodi yang mewakili tujuh fakultas di UNJ ini untuk mengecek kembali Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CMPK atau Sub-CPL) yang telah disusun para dosen sehingga menjadi RPS. Pengecekan ditinjau dari relevansi antara CPL yang dipilih dosen untuk diturunkan menjadi Sub-CPL atau CPMK pada mata kuliah yang diampu masing-masing dosen. CPL meliputi sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum sesuai Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 dan Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017.  Bapak Asep pun mengingatkan agar dalam CPMK, dosen boleh menggunakan kata kerja tidak operasional, namun dalam Sub-CPMK dan Indikator, mesti menggunakan kata kerja operasional yang terukur dan mengandung higher order thinking skills (HOTS). Selain itu, jangan sampai di dalam RPS, mengandung terlalu banyak CPMK dengan kata kerja operasional sehingga tidak dapat dijabarkan lagi menjadi Sub-CPMK dan Indikator.

Oleh karena terdapat pula para staf Pustikom UNJ yang akan membantu LP3M dalam mengembangkan Sikur UNJ, nantinya, admin prodi akan menginputkan kurikulum prodi ke Sikur UNJ, yang meliputi: visi, misi, tujuan, profil lulusan prodi, CPL, CPMK, struktur kurikulum, sebaran kurikulum, deskripsi mata kuliah, dan RPS. Sementara Pustikom membuatkan “wadah” kurikulum semua prodi sehingga mudah untuk diakses dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, rapat ini pun menjadi dasar bagi para koorprodi menyusun materi Workshop Penyempurnaan Kurikulum pada minggu selanjutnya. Oleh karena belum semua koorprodi hadir (ada dua prodi yang diwakili oleh dosen) sehingga rapat ini belum sampai pada tahap menentukan tanggal pelaksanaan workshop. (nlm)