Di era serbadigital dan sedang tren revolusi industri 4.0, Universitas Negeri Jakarta tidak ketinggalan memutakhirkan wawasan dan informasi bagi para dosennya mengenai topik relevan. Pada Kamis, 8 Maret 2018, pukul 10.00-15.30 di Aula Gedung M. Syafei Lantai 8 UNJ, dilaksanakan kegiatan Seminar dan Workshop “Big Data in Action”. Kegiatan yang dihadiri oleh 80 dosen di UNJ ini mengundang narasumber Prof. Dr. R. Eko Indrajit. Tampak hadir dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), Koorprodi PBI beserta para dosennya, yaitu Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu Reni Nur Eriyani, Ibu Siti Ansoriyah, dan Ibu Rahmah Purwahida.

Pada awal kegiatan, narasumber menyatakan bahwa semua aktivitas manusia melalui gawainya (tablet, hp, ipad, dan lain-lain) akan terekam dalam catatan elektronik yang disebut log file. Di berbagai perguruan tinggi yang menerapkan e-learning, log file dinyalakan semua sehingga semua aktivitas mahasiswa dan dosen dapat terekam. Kemudian narasumber mengajak para peserta berlatih membuka laman-laman yang mengandung informasi sebagai “big data” yang diperlukan para dosen dan mahasiswa tentang beragam topik sesuai kebutuhan. Dimulai dari membuka lecture MIT, education filetype dari Harvard.edu, google trends, Stanford lecturer, learning marquat lecturer, edx.orgcoursera.orgudacity.comindonesiax.co.idspada.ristekdikti.go.idbelajar.kemdikbid.go.id, sampai kepada membuka “big data” melalui aplikasi tableau yang diunduhkan panitia kepada laptop/notebook semua peserta.

Profesor Eko membimbing para peserta langkah demi langkah mempraktikkan penggunaan aplikasi tableau secara interaktif kepada peserta, serta menggunakan moodle pada sesi setelah istirahat makan siang. Kegiatan yang sangat bermanfaat ini ditutup oleh Wakil Rektor I UNJ pada pukul 15.30. (nlm)