Semester 108 tahun akademik 2017/2018 pun dimulai. Pada Senin, 5 Maret 2018, pukul 08.00-13.00 menjadi awal hari dan awal dimulainya perkuliahan semester genap di tahun 2018 di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), FBS UNJ. Sebanyak 300 mahasiswa Prodi PBI dari angkatan 2017 hingga angkatan 2012 memenuhi Aula Latif Hendraningrat Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ untuk mengikuti kegiatan kuliah umum dalam bentuk diskusi terpumpun. Tampak hadir pula para dosen Prodi PBI FBS UNJ. Kegiatan ini memang diperuntukkan bagi dosen dan mahasiswa demi terciptanya atmosfer akademik yang baik antara dosen dan mahasiswa dalam forum ilmiah, yaitu diskusi terpumpun Prodi PBI FBS UNJ.

Kegiatan yang sangat positif ini terbagi atas dua sesi, yaitu sesi pertama disajikan oleh Ibu Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. dengan topik Metode Penelitian Eksperimen dan R&D. Sesi kedua oleh Bapak Handrian, S.Pd. dengan materi Menjadi Pendidik yang Berkarakter dan Menginspirasi. Moderator sesi pertama, yaitu Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. dan sesi kedua oleh Bapak Sam Mukhtar Chaniago, M.Pd.

Setelah laporan Koorprodi PBI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), kegiatan kuliah umum pun dibuka secara resmi oleh Dekan FBS yang diwakili oleh Wakil Dekan I FBS Bapak Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. Tampak hadir pula Wakil Dekan III FBS Bapak Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. Namun, sebelum Wadek I menyampaikan sambutan, Koorprodi memperkenalkan dahulu empat mahasiswa peserta dari tiga LPTK Program Permata (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara), yaitu Firdha dan Tini dari Undiksha, Dimas dari Unesa, dan Aprilia dari UNG.

Antusiasme peserta tampak pada sesi tanya jawab. Dosen dan mahasiswa aktif bertanya kepada narasumber pertama. Sementara pada sesi kedua, semua peserta terlibat aktif dalam materi yang disajikan narasumber kedua. Bapak Handrian menayangkan beberapa video yang sangat menyentuh, mengharukan, namun sangat menginspirasi dan memotivasi peserta yang terdiri atas para mahasiswa calon guru, guru PPG SM3T Bahasa Indonesia, serta para dosen. Beliau pun mengajak peserta untuk menggunakan gawainya dalam permainan menciptakan bahasa atau kata-kata melalui link www.menti.com.

Sesi pertama pun selesai dengan pemberian cendera mata oleh Dekan FBS didampingi Koorprodi PBI kepada narasumber dan moderator. Sementara pada sesi kedua, narasumber dan moderator memperoleh cendera mata dari Koorprodi PBI didampingi oleh para dosen PBI. Kegiatah ini pun harus berakhir pada pukul 13.00 dengan berfoto bersama koorprodi, narasumber, dan panitia. (nlm)