Pada Rabu, 14 februari 2018 pukul 09.00-13.00 dilaksanakan kegiatan Workshop Kewirausahaan bagi Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan Prodi di UNJ. Workshop kewiraausahaan ini bertempat di Gedung Syafei Lantai 8 UNJ. Tampak hadir semua dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan dan mata kuliah yang memuat substansi kajian kewirausahaan, seperti di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor IIII UNJ. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ini mengharapkan agar mahasiswa UNJ tidak hanya menimba ilmu akademik saja, tetapi harus pula mempunyai jiwa enterprenership. Narasumber kegiatan ini ialah Dekan Fakultas Ekonomi UNJ. Beliau mengatakan bahwa mahasiswa harus bersinergi dengan mahasiswa prodi lain. Dilanjutkan dengan narasumber utama, yaitu Ibu Aam Amaningsih Jumhur. Beliau berbagi pengalamannya dari hasil hibah membuat produk berupa pengolahan limbah yang aman bagi lingkungan. Dengan membuat produk tersebut, beliau mengatakan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Kegiatan workshop tersebut ditutup pukul 13.00 oleh staf pengembang WR3.

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia memang tidak membuka mata kuliah khusus Kewirausahaan. Namun, semua mata kuliah pilihan wajib bernilai 4 SKS yang dikelola Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia memuat substansi kajian kewirausahaan. Mata kuliah tersebut, yaitu: Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (PBIPA), Penulisan Kreatif, Pembawa Acara (Pewara), Teater, Penyuntingan, serta Kajian Bahasa dan Budaya Betawi. Para dosen pengampu yang memiliki keluangan waktu bisa hadir ialah Ibu Siti Ansoriyah (pengampu Penyuntingan) dan Ibu Reni Nur Eriyani (pengampu PBIPA). (SA)