Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (Prodi PBI) FBS UNJ pada Jumat, 9 Februari 2018 pukul 16.00 berkunjung ke Bilik Literasi di Surakarta. Kegiatan ini melibatkan Koorprodi PBI (Ibu N. Lia Marliana) dan pengelola Jurnal Aksis (Ibu Rahmah Purwahida). Sayangnya Pimpinan Redaksi Jurnal Aksis (Ibu Siti Ansoriyah) berhalangan ikut karena berbentrokan dengan kegiatan di Jakarta. Kunjungan tersebut dalam rangka menimba ilmu pengelolaan pustaka untuk meningkatkan daya literasi bagi dosen dan mahasiswa Prodi PBI FBS UNJ.

Tim Prodi PBI disambut dengan ramah oleh Bapak Bandung Mawardi, seorang budayawan yang bersahaja dan penuh kebijaksanaan. Begitu masuk ke Bilik Literasi, tim Prodi PBI disuguhkan dengan ribuan koleksi pustaka. Selain itu, tim Prodi PBI berkesempatan pula bertemu dengan berbagai kelompok penulis muda yang antusias sedang berdiskusi dengan santai mengenai kepenulisan.

Setelah mengamati dan membaca berbagai koleksi pustaka di Bilik Literasi, tim prodi berbincang santai dengan Bapak Bandung Mawardi. Budayawan bersahaja lulusan Universitas Muhammadiyah Surakarta ini dengan santun meladeni menjawab berbagai pertanyaan dari tim prodi. Ia bahkan dengan lancarnya menjawab pertanyaan itu dengan berbagai ceritanya yang menarik mengenai dunia tulis-menulis. Di sela-sela obrolan, Bapak Bandung Mawardi yang akrab disapa “Mas Bandung” ini tetap menyempatkan diri memangku putra bungsunya yang ingin ikut mengobrol.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian oleh-oleh beberapa buku yang telah diterbitkan Jagad Abjad yaitu penerbit yang dikelola oleh Bilik Literasi kepada Prodi PBI melalui Koorprodi PBI FBS UNJ.

Kunjungan ke Bilik Literasi ini berakhir pada pukul 19.30. (RP)