Tim Hibah Revitalisasi LPTK dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tampil pertama menyeminarkan hasil Hibah Perangkat Pembelajaran yang telah disusun di tahun 2017. Seminar Hasil Hibah Perangkat Pembelajaran ini merupakan bagian dari Hibah Revitalisasi LPTK yang sejak 2016 sudah dimenangkan oleh Prodi PBI mewakili FBS bersama dengan enam prodi di enam fakultas lain di UNJ. Seminar hasil ini dilaksanakan pada Senin, 29 Januari 2018, pukul 14.00-18.00 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8 UNJ.

Kegiatan Seminar Hasil Hibah Perangkat Pembelajaran LPTK dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas, Bapak Dr. Asep Supena, M.Psi. mewakili Kepala LP3M UNJ. Tampak hadir tujuh Koordinator Program Studi (Koorprodi) pemenang hibah, para wakil dekan I, para reviewer hibah, dan para dosen tim hibah perangkat pembelajaran. Menyusul, hadir Sekretaris LP3M, Ibu Dr. Endang. Dari Prodi PBI FBS, Koorprodi PBI (Ibu N. Lia Marliana) hadir bersama Ibu Sintowati Rini Utami (dosen pengampu Linguistik Umum dan PMA Bahasa), Bapak Sam Mukhtar Chaniago (dosen pengampu Keterampilan Menyimak), dan Ibu Rahmah Purwahida (dosen pengampu Apresiasi Sastra). Sementara Ibu Suhertuti (dosen pengampu Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia) dan Ibu Sri Suhita (dosen pengampu PMA Sastra dan Apresiasi Sastra) berhalangan hadir karena sakit. Reviewer dari FBS yang menilai dan menelaah laporan Hibah Revitalisasi Kurikulum Prodi di tahun 2016 hingga Hibah Perangkat Pembelajaran Prodi PBI di tahun 2017 ialah Ibu Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. juga hadir menyampaikan penilaiannya terhadap tim Prodi PBI yang tampil pertama dan mengomentari juga penampilan prodi lainnya.

Koorprodi PBI memandu para dosen dalam tim hibah perangkat pembelajaran saat tampil di hadapan prodi dan fakultas lain. Ibu Sintowati yang pertama diberi kesempatan memaparkan peta konsep Linguistik Umum dan relevansinya dengan CPMK dan komponen-komponen yang memuat CPMK dan Sub-CPMK di dalam RPS Linguistik Umum. Kemudian paparan dilanjutkan Ibu Lia  yang menjelaskan RPS Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia hingga ke instrumen penilaian berikut kisi-kisinya. Selanjutnya Bapak Sam menjelaskan tentang petunjuk tugas di akhir RPS Keterampilan Menyimak yang dilengkapi dengan pedoman penugasan yang sangat detail dan lengkap. Terakhir, Ibu Rahmah memaparkan tahapan video pembelajaran Apresiasi Sastra  yang ditayangkan di hadapan hadirin. Strategi pembagian tugas ala Prodi PBI ini untuk menyiasati alokasi waktu seminar hasil yang sangat singkat, yaitu selama 30 menit per prodi agar bisa tercapai. Setelah penampilan presentasi semua prodi (kecuali Fakultas Ekonomi yang tidak hadir pada saat giliran tampil), semua yang hadir hingga akhir kegiatan ini pun berfoto bersama. Walau tidak banyak peserta yang masih bertahan hingga ke ujung acara, namun kegiatan Seminar Hasil Hibah Perangkat Pembelajaran ini terlaksana dengan lancar dan sukses dari awal hingga akhir. (nlm)