Inventarisasi Bahan UKBI
Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah uji kemahiran untuk mengukur kemahiran berbahasa seseorang dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia.
Dua puluh tiga peserta PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dikenal dengan julukan “Laskar Bahasa 4” ikut serta dalam kegiatan inventarisasi bahan UKBI. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 April 2016, bertempat di Aula Gedung Samudera Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jln. Daksinapati, Rawamangun. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, Laskar Bahasa 4 telah mengirimkan 23 artikel yang diajukan sebagai calon bahan UKBI.
Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, N. Lia Marliana, M.Phil.(Ling) yang turut memberikan sambutan pada awal kegiatan dan dua dosen pembimbing PPG SM3T Erfi Firmansyah, M.A. dan Edi Puryanto, M.Pd. yang mendampingi hingga akhir kegiatan.
Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berisi paparan mengenai Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia yang disampaikan oleh Atikah Solihah, M.Pd.. Dalam paparannya, beliau menjelaskan kondisi kebahasaan di Indonesia serta peraturan pemerintah yang menaungi UKBI.
Sesi kedua berisi paparan materi mengenai kalimat efektif yang disampaikan oleh Triwulandari. Pemberian materi kalimat efektif ini dirasa sangat tepat, sebab masih banyak kesalahan yang terdapat pada artikel yang telah dikirim oleh Laskar Bahasa 4. Kegiatan inventarisasi bahan UKBI ini berlangsung hingga pukul 12.00 WIB.
Setelah kegiatan ini, Laskar Bahasa 4 diharapkan mampu memperbaiki kesalahan yang terdapat pada artikel yang telah dikirim. Jika artikel yang telah diperbaiki memenuhi kriteria untuk dijadikan bahan UKBI, maka Badan Bahasa akan memberikan apresiasi berupa hadiah kepada sang pengirim artikel.
Laskar Bahasa 4 sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Ini merupakan pengalaman pertama Laskar Bahasa 4 terlibat dalam inventarisasi bahan UKBI yang diselenggarakan Badan Bahasa. Selain itu, materi kegiatan ini sangat terkait dengan bahan uji kompetensi PPG SM3T yang menjadi salah satu syarat kelulusan peserta. Artikel-artikel yang dihasilkan Laskar Bahasa 4 pun sangat berkaitan dengan teks-teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah yang saat ini dengan Kurikulum 2013 menjadi berbasis teks dan menjadi materi dalam kegiatan Workshop SSP PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Gd PSSG UNJ Maret-Juli 2016 ini. (TB/NLM)