Sekolah Mawapres FBS UNJ Tahap V

Calon mahasiswa berprestasi FBS UNJ 2018 menghadiri kegiatan Sekolah Mawapres FBS UNJ Tahap V yang diadakan di Gedung E Ruang 214 FBS UNJ pada Jumat, 26 Januari 2018, pukul 09.00-12.00. Tanpa terkecuali mawapres dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Asep Ricky Subagya juga hadir mengikuti kegiatan tersebut dari mulai tahap I hingga ke tahap V ini.

Agenda sekolah mawapres tahap V ini adalah pembimbingan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang disampaikan oleh Wakil Dekan I FBS, Bapak Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. Selama kurang lebih 40 menit, beliau memberikan materi tentang konsep dasar seseorang harus terlebih dahulu memiliki pemikiran yang ilmiah sebelum melakukan penulisan karya tulis ilmiah. Selain itu, seorang mawapres juga harus mampu membuat Karya Tulis Ilmiah yang bermanfaat untuk Indonesia. “Seorang mawapres membuat karya tulis tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga harus bermanfaat untuk Indonesiaā€¯, tutur Bapak Ifan Iskandar selaku Wakil Dekan I FBS UNJ sekaligus juri mawapres nasional 2016. Wakil Dekan I FBS UNJ tersebut juga menuturkan bahwa terdapat tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk mawapres, yaitu terbaharukan, kebermanfaatan, dan terdapat rujukan. Hal ini mengingat Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu penilaian mawapres yang memiliki poin yang tinggi, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Oleh sebab itu, dalam membuat Karya Tulis Ilmiah harus benar-benar memperhatikan segala aspek agar menghasilkan Karya Tulis Ilmiah yang berkualitas. Seluruh peserta sekolah mawapres pun aktif bertanya kepada beliau.

Di akhir bimbingan, Bapak Ifan memberikan tugas kepada seluruh calon mawapres FBS UNJ 2018 untuk menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dibuat masing-masing serta membuat 5 judul KTI yang baru. Tugas tersebut dibawa saat pertemuan kembali sekolah mawapres pada Rabu, 31 Januari 2018, yang akan dibahas bersama-sama. Acara sekolah mawapres FBS tahap V diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh calon mawapres FBS UNJ 2018. (Ricky Subagya)