Sosialisasi Pendaftaran PKM Berbasis Web

Saat ini, Pustikom UNJ terus berusaha meningkatkan pelayanan di bidang teknologi dan informasi terkait akademik kemahasiswaan. Kali ini, Pustikom UNJ bekerja sama dengan UPT PKM/PPL UNJ untuk membuat aplikasi PKM berbasis web di Siakad.

Pada Kamis, 11 Januari 2018 pukul 09.00-11.00, di Gd. Ki Hajar Dewantara Lantai 8 UNJ, dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pendaftaran Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Berbasis Web. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LP3M, Bapak Dr. Totok Bintoro.

Beliau memaparkan mengenai perbedaan kegiatan praktik keterampilan mengajar di S1 yang berbeda dengan mahasiswa yang sudah lulus S1 dan mengikuti kegiatan PPL dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG). Setelah PKM, berikutnya akan ada kegiatan Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) bagi mahasiswa S1. PLP sebanyak 4 sks, 1 sks utk PLP 1, 3 sks PLP 2.

PLP 2 sama dengan PKM.

Masih dalam sambutannya, Bapak Totok menjelaskan bahwa ada tiga syarat yang seharusnya diperbaiki oleh UNJ jika ingin meningkatkan mutu PKM, yaitu: 1) Perbaiki pedoman PKM; 2) Perbaiki layanan: input-proses-output-outcome harus jelas; dan 3) Perbaiki kerja sama dengan sekolah-sekolah mitra PKM.

Selanjutnya, narasumber kegiatan ini, yaitu Bapak Irfan dari Pustikom, dengan dipandu oleh Koordinator Pusat Unit PKM/PPL, Ibu Dr. Gusti, menjelaskan setahap demi setahap cara mendaftar PKM bagi mahasiswa dan cara meng-ACC PKM bagi Koordinator Prodi. Tampak hadir para koorprodi pendidikan se-UNJ beserta beberapa admin prodi, termasuk Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia; Ibu N. Lia Marliana.

Dalam paparannya, Bapak Irfan menjelaskan bahwa Pustikom hanya menyimpan data bukan memiliki data. Data dimiliki oleh prodi.Pustikom mengembangkan jaringan dan sistem, sebagai user. Pustikom mengubah siakad lama menjadi siakad baru. PKM adalah perubahan dari aplikasi lama ke aplikasi baru. Dalam siakad lama, mahasiswa mendaftar saja lalu ditangani prodi. Sekarang ini mahasiswa lebih cepat mengakses. UNJ bisa memantau dan memonitor kegiatan dosen dan mahasiswa terkait PKM hingga bisa melihat nilai PKM. Dalam apiikasi ini ada 3 sumber: di UPT PKM/PPL, di mhs, dan di Prodi.

Persyaratan dan tata cara PKM:

  1. Mahasiswa S1 lulus 110 sks
  2. Lulus MKDK dan MK PBM di Prodi. Pengeblokan data mata kuliah sebagai syarat PKM dilakukan oleh admin prodi.
  3. Mendapat sertifikat microteaching
  4. Tata Cara: 1.  Masuk ke aplikasi siakad baru. 2. Menu pendaftaran PKM (hanya muncul pada mahasiswa S1). Menu ini muncul hanya pada masa penjadwalan. 3. Klik daftar, misalnya 12016. 1 kode FBS 12. 016 kode Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.
  5. Kode utk masuk ke siakad baru dosen: username NIDN dosen, password NIDN1234.
  6. Siakad prodi mengklik on untuk acc PKM
  7. Mahasiswa harus bayar UKT dulu baru bisa masuk KRS.
  8. Kode seksi mk tetap dipakai utk penjadwalan.
  9. Jika prodi pada semester 108 tidak ada mahasiswa PKM, silakan kirimkan saja data nama sekolah mitra ke Pustikom utk diinputkan.

Kegiatan sosialisasi pendaftaran PKM berbasis web ini pun berakhir pada pukul 11.00 setelah sesi tanya jawab selesai. (nlm)