Seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Angkatan 2017 pada Kamis,  21 Desember 2017 mengikuti ujian akhir semester (UAS) mata kuliah Apresiasi Sastra. Berbeda dari ujian lainnya, karena nama mata kuliah tersebut ialah “Apresiasi” maka ujian saat itu berlangsung melalui kegiatan pergelaran sastra. Pergelaran sastra tersebut diberi tema Angkasa yang merupakan akronim dari Angkatan 17 Apresiasi Sastra.

Pukul 08.00 seluruh mahasiswa Angkasa telah memenuhi Aula Gedung S. Acara pun dimulai pada pukul 08.30 hingga 14.30 diselingi dengan isama. Bukan hanya mahasiswa PBI Angkatan 2017 yang hadir,  melainkan juga 3 dosen pengampu mata kuliah tersebut yaitu Ibu Sri Suhita, Ibu Marlina, dan Ibu Rachmah Purwahida.

Kegiatan Pergelaran Sastra ini diawali oleh laporan ketua pelaksana acara yaitu Muhammad Suwandi, lalu sambutan dari Koordinator Prodi PBI Ibu N. Lia Marliana, serta sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi oleh Bapak Syamsi Setiadi  Wakil Dekan III FBS.  Bapak Syamsi sangat mengapresiasi kegiatan ini yang merupakan bagian dari peningkatan mutu perkuliahan. Beliau menyarankan agar acara ini ke depannya dikemas lebih besar lagi dengan melibatkan berbagai program studi di FBS sehingga pergelaran yang ditampilkan pun lebih banyak lagi.

Pada kegiatan ini, mahasiswa dituntut untuk menunjukkan minat serta bakatnya secara maksimal dalam bidang sastra. Mereka diharuskan memilih antara baca puisi tunggal, khorus, musikalisasi puisi, baca cerpen, dongeng, atau pantun untuk ditampilkan pada acara tersebut. Acara berlangsung dengan baik pula tidak luput dari kerja sama antara koorprodi, dosen, mahasiswa, dan panitia penyelenggara. (mona)