Semua koordinator program studi beserta tim akreditasi dari 13 prodi di FBS UNJ pada Rabu, 20 Desember 2017, pukul 09.00-12.00 memenuhi salah satu ruangan di Gedung Muhammad Hatta Lantai 5 UNJ. Mereka hadir untuk mengikuti Kegiatan Sosialisasi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) yang diselenggarakan oleh FBS UNJ. Dekan FBS mengundang Bapak Agus Buono dari IPB sebagai narasumber kegiatan tersebut.

Dekan FBS, Ibu Liliana Muliastuti membuka acara Sosialisasi SAPTO ini. Kegiatan yang diselenggarakan bidang akademik FBS dan Gugus Penjaminan Mutu FBS ini melibatkan semua prodi di FBS dan jajaran staf di FBS. Beberapa prodi di FBS pada 2019 dan 2020 dihadapkan pada reakreditasi. Oleh karena itu, dengan difasilitasi FBS, semua prodi dilatih menyusun borang akreditasi dengan sistem online/daring ini, yang dikenal dengan istilah SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online).

Pada kesempatan ini, narasumber menjelaskan dahulu mekanisme akreditasi daring kepada peserta yang hadir. Setelah itu, semua peserta mencoba setahap demi setahap cara login dan mengisi borang akreditasi, serta tahapan mengunggah bukti fisiknya.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) juga hadir dalam kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Tampak Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana beserta tim akreditasi prodi yang diketuai Ibu Sri Suhita, didampingi Bapak Edi Puryanto dan Ibu Siti Ansoriyah. (nlm)