Para Koordinator Program Studi (Koorprodi) di UNJ bersama tim dosen penulis Hibah Perangkat Pembelajaran dari tujuh prodi dan tujuh fakultas di UNJ pada Jumat, 22 Desember 2017, pukul 16.30-19.30 berkumpul di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 4. LP3M UNJ mengundang semuanya untuk mengikuti Rapat Revisi Hibah Perangkat Pembelajaran yang telah disusun dan diserahkan ke Ristekdikti pada sebulan lalu.

 Bapak Dr. Asep Supena, Koordinator Pusat Pengembangan Pendidikan dan Disabilitas LP3M UNJ membuka kegiatan ini sekaligus memandu rapat hingga akhir acara. Beliau memaparkan semua masukan dari tim penilai hibah untuk menjadi perhatian semua tim hibah prodi agar diperbaiki dan bisa disempurnakan sesuai tuntutan Ristekdikti. Revisi dimulai dari peta konsep, CPL, CPMK, RPS, media pembelajaran (ppt), buku ajar, video pembelajaran, hingga instrumen evaluasi.

Semua peserta rapat memperhatikan dengan saksama, termasuk tim hibah dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ (Koorprodi PBSI serta tim penulis Ibu Sri Suhita, Ibu Rahmah Purwahida, dan Bapak Sam Mukhtar Chaniago).

 Prodi PBSI memperoleh kesempatan pertama menjelaskan RPS yang telah dibuat dan ditayangkan oleh Bapak Asep Supena. Mata kuliah terpilih yaitu Apresiasi Sastra yang diampu Ibu Sri Suhita dan Ibu Rahmah Purwahida. Ibu Sri Suhita menjelaskan butir-butir dalam RPS kepada seluruh peserta rapat. Demikian seterusnya hingga semua komponen dalam perangkat pembelajaran dikupas habis dan dicek-ricek kekurangannya agar dapat diperbaiki dan disempurnakan.

Pada kesempatan ini, Bapak Asep menunjukkan buku Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia yang ditulis Ibu N. Lia Marliana dan Ibu Suhertuti sebagai bahan ajar terpilih yang di-ISBN-kan penerbit dan LP3M UNJ, beserta beberapa buku dari prodi lain.

Menjelang berakhir rapat, Bapak Asep mengingatkan agar semua prodi mempersiapkan seminar pada Januari mendatang untuk menjadi model bagi prodi lainnya di UNJ. Rapat ini pun berakhir pada pukul 19.30 WIB. (nlm)