JAKARTA – Jumat (8/12/2017) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta menyelanggarakan kegiatan UNJ Award 2017. Kegiatan tersebut mengusung tema “Persembahan Prestasi untuk Almamater Tercinta” yang dilaksanakan di Aula Bung Hatta Lantai II, Gedung Bung Hatta, Pascasarjana Kampus A UNJ. Acara dimulai pukul 15.00 WIB yang diawali dengan tarian Betawi dari Unit Kegiatan Mahasiswa. UNJ Award 2017 dipimpin oleh Irfan Hakim dan Alma Bestari sebagai pewara yang merupakan Duta UNJ. Selanjutnya acara dibuka dengan pembacaan doa oleh perwakilan dari Lembaga Dakwah Kampus UNJ.

Prof. Dr. A. Sofyan Hanif, M.Pd., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ memberikan sambutannya. “UNJ Award 2017 dilaksanakan dalam rangka mengapresiasi para mahasiswa UNJ dari berbagai bidang prestasi dan pengabdian alumni yang dilakukan selama tahun 2017,” tuturnya. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan UNJ Award merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan.

​Kegiatan yang telah dilaksanakan sebanyak tiga kali ini sangat meriah, hal tersebut ditandai dengan hadirnya dekan, dosen, dan ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di UNJ. Peserta undangan mahasiswa terdiri atas mahasiswa berprestasi, ketua Ormawa dan Opmawa se-UNJ.

​Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni merupakan salah satu prodi yang mahasiswa berprestasinya turut diundang dalam kegiatan tersebut. Mahasiswa tersebut yaitu Aulia Nurnovika sebagai nomine bidang Minat Khusus dan Kerohanian, Fadil Muhammad bidang Olahraga, dan Asep Ricky Subagya bidang Seni.

​Pada UNJ Award 2017 terdapat enam bidang penghargaan, yaitu bidang Penalaran, Seni, Olahraga, Minat Khusus dan Kerohanian, Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat, dan Pengabdian Alumni kepada Masyarakat. Setiap bidang terdapat beberapa nomine. Berikut ini pemenang UNJ Award 2017 di setiap bidangnya.

  1. Bidang Penalaran​​​​: Tita Desyara
  2. Bidang Seni​​​​: Waode Heni
  3. Bidang Minat Khusus & Kerohanian​: Nashoikhul Ibad
  4. Bidang Olahraga​​​​: Rifda Irfana Luthfi
  5. Bidang Pengabdian Masyarakat​​:
  6. Community Development BEM UNJ
  7. Community Development Fakultas Ekonomi
  8. Rumbel Ceria PGSD UNJ
  9. Komunitas Sosial Pencinta Anak (KSPA)
  10. KSR PMI UNJ
  11. Bidang Pengabdian Alumni​​​:
  • ​​Abdul Aziz
  • Syarifudin Yunus
  • Slamet Supriyadi
  • ​​​​​​Chairul Umam
  • ​​​​​​Sumardi

Alumni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Drs. Syarifudin Yunus, M.Pd. yang juga merupakan ketua Ika Bindo, mendapat penghargaan UNJ Award dalam bidang pengabdian alumni  karena mendirikan TBM Lentera Pustaka.

​Setiap pemenang diberikan sebuah plakat penghargaan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ. Selain pemberian penghargaan kepada para pemenang, UNJ Award 2017 juga menyuguhkan beberapa penampilan hiburan, di antaranya penampilan tarian dan musik. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama para pemenang serta nomine setiap bidang prestasi dengan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ beserta jajarannya. (Ricky Subagya)