Setelah menjalani hampir 5 bulan kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di 18 sekolah mitra UNJ di Jakarta dan Depok, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSi) FBS UNJ pun mengakhiri kegiatan PKM-nya. Sebanyak 84 mahasiswa tingkat IV dari angkatan 2014, diterjunkan ke-18 sekolah mitra dengan didampingi 7 dosen Prodi PBSI FBS UNJ sebagai dosen pembimbing, dibantu 5 dosen dari Prodi Sastra Indonesia. Lima dosen Prodi PBSI membimbing dua sekolah karena keterbatasan SDM di prodi.

Diawali pada 22 Mei hingga 3 Juni, mahasiswa mendaftar PKM secara online/daring. Kemudian Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.) memverifikasi data mahasiswa prodi pada 5-16 Juni, apakah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Koorprodi dibantu oleh Koordinator PKM Prodi PBSI, Ibu Reni Nur Eriyani, M.Pd.

Setelah mahasiswa diberikan pembekalan mengenai PKM oleh narasumber yang khusus diundang Prodi PBSI pada 13 Juli 2017, pada 17 Juli secara resmi UNJ melepas para mahasiswa PKM. Pada 17 Juli dimulailah kegiatan PKM di sekolah-sekolah mitra. Beberapa sekolah telah memulai melaksanakan ujian PKM pada akhir Oktober dan berakhir hingga 24 November. Para dosen melaksanakan kegiatan monitoring ke sekolah dan masuk ke kelas-kelas mahasiswa pada akhir Agustus hingga akhir Oktober.

Walaupun perpisahan telah dilaksanakan beriringan waktunya pada akhir November ini, namun beberapa sekolah masih mempertahankan mahasiswa untuk tetap mengajar hingga Desember. (nlm)