Kegiatan Writing Supertrip Mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ ke Setu Babakan

Perkuliahan Keterampilan Menulis Kritis Ilmiah kembali memberikan kiprahnya kepada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) FBS UNJ. Setelah sukses dengan kegiatan Seminar Bedah Buku pada 7 November lalu, perkuliahan Ini kemudian membawa mahasiswa kelas 3PB2 mengikuti kegiatan Writing Supertrip (WST) ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan pada Kamis, 30 November 2017, pukul 09.00-15.00 untuk memberikan stimulasi dalam menulis artikel ilmiah. Sebelum ke Setu Babakan, mahasiswa mendapatkan bekal dan arahan mengenai topik-topik penulisan artikel ilmiah yang berkaitan dengan kebetawian, pada Rabu, 29 November 2017 pukul 08.30-10.00 oleh Bapak Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. Beliau ialah Ketua Tim Kemahiran dari Prodi PBSI FBS UNJ dan Wakil Ketua Pusake Betawi FBS UNJ.

Bapak Syaiful Amri, Kepala TU UPK PBB Setu Babakan menjadi narasumber kegiatan WST ini. Beliau memaparkan dengan sangat jelas segala informasi mengenai konsep, sejarah, dan permasalahan terkait seni, budaya, bahasa, dan sastra Betawi. Mahasiswa sangat antusias bertanya dan dijelaskan dengan informasi memadai oleh narasumber, bertempat di Rumah Kebaya, salah satu bangunan bergaya Betawi di Jalan Malih, Setu Babakan. Kegiatan tanya jawab ini selesai pukul 12.30 dilanjutkan dengan wawancara kepada para pedagang di sekitar Setu Babakan. Pedagang kerak telor, gado-gado, bir pletok, soto betawi, perajin batik Betawi, dan lain-lain, turut menjadi sasaran wawancara para mahasiswa untuk memperoleh data. Setelah itu, mahasiswa memotret barang-barang yang ada di museum Betawi.

Kegiatan WST ini pun selesai hingga pukul 15.00. Untuk selanjutnya, para mahasiswa akan menyusun artikel ilmiah dengan topik-topik kebetawian sehingga akan menghasilkan 2 jurnal, yaitu Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Betawi serta Jurnal Ilmiah Seni dan Budaya Betawi sebagai salah satu prasyarat kelulusan mata kuliah Keterampilan Menulis Kritis Ilmiah yang diampu oleh Ibu N. Lia Marliana. (nlm)