Dialog Dosen dan Mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ

Setiap semester, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FBS UNJ bersinergi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi PBSI melaksanakan kegiatan Dialog Dosen dan Mahasiswa (Dosma). Kegiatan Dosma ini merupakan wadah menampung aspirasi mahasiswa Prodi PBSI dan menjawab semua pertanyaan dan permasalahan terkait bidang akademik dan kurikulum, SDM, kemahasiswaan, sarana prasarana, dan lain-lain. Sebelum memulai kegiatan Dosma Prodi PBSI, panitia menyebarkan angket kepada seluruh mahasiswa Prodi PBSI dalam tempo sebulan menjaring masukan. Kemudian, panitia mengolahnya dalam bentuk tayangan berupa diagram frekuensi pendapat mengenai hal yang dibahas.

Kegiatan Dosma yang diketuai Elsa, mahasiswi angkatan 2016 ini, dilakukan pada Kamis, 23 November 2017, pukul 13.30-16.30 di Aula S UNJ. Kegiatan yang dibuka oleh Koorprodi PBSI ini dihadiri oleh 6 dosen Prodi PBSI. Kegiatan Dosma yang dipandu oleh Ketua BEMP PBSI Wisnu Ismaya ini juga turut mengundang Kabag TU FBS (Bapak Didik) dan Kasubag Perlengkapan dan BMN FBS (Ibu Ester). Bapak Didik mengawali kegiatan Dosma dengan menjelaskan semua pertanyaan dan saran mahasiswa terkait SDM Perpustakaan Prodi PBSI, proyektor yang bermasalah, pengadaan barang dan renovasi bangunan Prodi PBSI. Sementara itu, Ibu Ester menjelaskan tentang sarana prasarana. Setelah itu, Koordinator Prodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana beserta para dosen yang hadir secara bergiliran menjelaskan dan menjawab segala permasalahan yang diulas mahasiswa melalui angket. Ibu Sri Suhita, Ibu Suhertuti, Ibu Reni Nur Eriyani, Ibu Rahmah Purwahida, Ibu Marlina, menjawab pula pertanyaan para mahasiswa dalam sesi tanya jawab. Permasalahan banyak membahas bidang akademik. Penjelasan Koorprodi PBSI dan segenap dosen yang hadir telah membuat semua pertanyaan menjadi terjawab. Kehadiran sekitar dua ratus mahasiswa mewakili semua angkatan, dari angkatan 2017 hingga 2014 sudah representatif mewakili aspirasi para mahasiswa. Kegiatan Dosma ini pun diakhiri pukul 16.30. (nlm)