Disma : Diskusi Mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ

Dalam rangka menciptakan atmosfer akademik yang kritis dan demokratis, Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (BEMP PBSI) FBS UNJ menyelenggarakan program tahunannya, yaitu Diskusi Mahasiswa (Disma). Dengan mengangkat tema tentang “menjunjung bahasa Indonesia, kita perbaiki penggunaan bahasa Indonesia masa kini”, panitia mengundang narasumber dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia (Badan Bahasa), yaitu Mahfuz Imam. Alumnus Prodi PBSI FBS UNJ ini mengantarkan materinya menuju kegiatan diskusi mahasiswa.

Sebanyak 200 peserta mahasiswa dari angkatan 2017-2014 hadir memenuhi Aula S UNJ pada Kamis, 23 November 2017, pukul 09.00-12.30 ini. Mereka duduk membentuk beberapa kelompok diskusi dan mendapat arahan dari narasumber. Setiap kelompok menghasilkan kosakata yang tak baku dan baku sesuai KBBI daring V dan ditempelkan di dinding-dinding aula.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Koorprodi PBSI FBS UNJ (Ibu N. Lia Marliana) ini memang mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari para mahasiswa Prodi PBSI. Suatu respons yang sangat positif tercipta di antara sesama mahasiswa. Pada akhir kegiatan, panitia melalui Ketua BEMP PBSI FBS UNJ memberikan penghargaan bagi peserta Disma terbaik, sekaligus menyerahkan sertifikat kesertaan MPA dan Getar Indonesia yang terdiri atas Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi PBSI, serta Pelatihan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa. Selain itu, diberikan pula cendera hati kepada narasumber oleh Koorprodi PBSI FBS UNJ, yang ditutup dengan sesi foto bersama. (nlm)