Peringatan hari guru tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu. Kali ini, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ menyelenggarakannya dengan lebih meriah dan semarak. Puncak acara Bulan Bahasa ini jatuh pada 25 November 2017 saat seluruh rakyat Indonesia merayakan hari guru. Prodi PBSI menyelenggarakan Pagelaran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Gelar Diksi) untuk memperingati hari guru pada pukul 13.00-17.00 di Aula Latif, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ.

Pada kesempatan ini, Prodi PBSI dan BEM Prodi PBSI melaksanakan hari guru dengan menampilkan persembahan tarian, musik, puisi, drama dari semua BEM prodi di FBS. Tampil pula komunitas sastra yang ada di FBS. Alumni Prodi PBSI, Bocil mempersembahkan stand up comedy, para dosen Prodi PBSI yang juga alumni Prodi PBSI menampilkan pembacaan puisi, yaitu Ibu Sri Suhita, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, bahkan Ibu Liliana Muliastuti, yang saat ini menjabat sebagai Dekan FBS pun menyempatkan membaca puisi karya beliau di sela-sela sambutannya pada awal kegiatan. Tampil pula Galeh mahasiswa berprestasi di bidang nonakademik membacakan puisi dan Rahmi alumnus Prodi PBSI juga tampil membacakan puisinya sendiri.

Puncak kegiatan Bulan Bahasa dan Peringatan Hari Guru 2017 ini yaitu 1) peluncuran buku Monograf Pendidikan di Tapal Batas Refleksi Pengajaran Guru PPG SM3T Bahasa Indonesia dari Prodi PBSI FBS UNJ, 2) peluncuran buku Antologi Puisi untuk Guru Karya Dosen dan Alumni Prodi PBSI, 3) dan peluncuran buku Antologi Puisi (101 Puisi tentang Guru) Edisi Kedua Karya Mahasiswa Prodi PBSI. Koorprodi PBSI, Ketua Panitia Bulan Bahasa dan Hari Guru 2017 (Ibu Reni Nur Eriyani), Ketua Ika Bindo (Bapak Syarifudin Yunus), Korpus Sertifikasi Guru dan Dosen LP3M UNJ (Bapak Khaerudin), para dosen Prodi PBSI (hadir Bu Sri Suhita, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Siti Ansoriyah, Ibu Rahmah Purwahida, Bapak Edi Puryanto), beserta Laskar Bahasa Lima (PPG SM3T Bahasa Indonesia) turut mengiringi peluncuran ketiga buku tersebut. Kegiatan ini pun turut mengundang Bapak Ibu Dosen Purnabakti JBSI FBS UNJ, Bapak Abdul Chaer dan Ibu Zulfahnur hadir menerima bingkisan dan cendera hati dari Prodi PBSI dan Ika Bindo sebagai  penghargaan kepada para mahaguru Prodi PBSI yang telah berjasa mendidik para mahasiswanya sehingga kini menjadi orang-orang hebat dan luar biasa. Semua buku yang diluncurkan ini didedikasikan bagi para dosen purnabakti JBSI FBS UNJ.

Pada kesempatan ini pula Koorprodi PBSI dan ketua pelaksana ditemani Koordinator Acara Gesastrasia memberikan  penghargaan kepada para mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan nonakademik Prodi PBSI FBS UNJ. Selain itu, dilakukan pula penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba baca puisi, baca berita  SMP dan SMA tingkat nasional dalam Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia (Gesastrasia) yang lombanya telah dilaksanakan pada 30 Oktober lalu.

Pada akhir acara, Gelar Diksi ini menampilkan bintang tamu grup musik yang sudah dikenal baik oleh pemirsa RCTI, yaitu Zerosix Park, pernah menjadi juara kedua dalam ajang lomba pencari bakat musik; Rising Star di RCTI. Peserta yang hadir, dari kalangan dosen, mahasiswa, guru, siswa, dan orang tua siswa tampak memenuhi Aula Latif, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ untuk pula menyaksikan suguhan musik amal dari Grup Zerosix Park ini. Hasil penjualan tiket digunakan untuk dana pendidikan, yaitu mendirikan perpustakaan sekolah dan membantu pendidikan siswa disabilitas. Suatu program yang sangat mulia yang dibangun BEMP PBSI ini dan mendapat dukungan Zerosix Park. (nlm)