Upaya menggerakkan dan mengembangkan literasi, tidak hanya di sekolah. Perguruan tinggi pun, termasuk UNJ tentunya telah sejak dulu melaksanakannya. Di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FBS UNJ, semua mata kuliah telah termuat amanat literasi bagi mahasiswa. Salah satu contohnya pada mata kuliah Keterampilan Menulis Kritis Ilmiah. Pada mata kuliah tersebut terdapat materi mereproduksi tulisan, di antaranya membuat ringkasan, ikhtisar, abstrak, resensi, dan bedah buku. Pada bedah buku, mahasiswa membaca buku fiksi dan nonfiksi yang disukai lalu membedahnya dan mengundang salah satu penulis buku tersebut. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk seminar peningkatan mutu perkuliahan.

Pada kesempatan ini pula, dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Guru 2017 oleh Prodi PBSI FBS UNJ, kegiatan seminar bedah buku dilaksanakan. Para mahasiswa 3PB2 Prodi PBSI mengundang Boim Lebon sebagai penulis buku yang dibedah. Pada Kamis, 16 November 2017, pukul 08.30-13.00, di Aula Gedung Bung Hatta lantai 2, Pascasarjana UNJ, diselenggarakan seminar bedah buku 19+ dan Bukan 3 Idiot  karya Boim Lebon. Penulis buku yang tersohor ini bergabung pada pukul 10.00-13.00.

Tampak hadir Wadek III FBS memberikan sambutan dan membuka kegiatan secara resmi. Sebelumnya Koorprodi PBSI menyampaikan sambutannya setelah Ketua Panitia Bedah Buku memberikan laporan di hadapan hadirin. Hadir pula Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. dosen pengampu mata kuliah Menulis Kritis Ilmiah, Reni Nur Eriyani, M.Pd. Ketua Pelaksana Bulan Bahasa dan Hari Guru 2017, dan Edi Puryanto, M.Pd. dosen Prodi PBSI.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari kalangan siswa, mahasiswa, guru, dan dosen ini sangat semarak karena penyampaian Boim Lebon yang mengocok tawa hadirin. Sayangnya, kegiatan yang sangat bermanfaat ini harus berakhir pada pukul 13.00 karena masih ada sesi bedah buku lain setelah itu. (nlm)