Rampak Puisi Mahasiswa Prodi PBSI

Puri Lingua atau yang biasa disebut purling oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) FBS UNJ, pada Senin pagi dipenuhi mahasiswa kelas 1PB1 dan 1PB2 angkatan 2017. Mereka memenuhi mata kuliah Apresiasi Sastra dalam materi khorus. Tidak seperti biasanya, kali ini pembelajaran Apresiasi Sastra dilakukan di luar kelas. Mata kuliah ini diampu oleh Ibu Sri Suhita dan Ibu Marlina yang menilai persembahan khorus mahasiswanya.

Berbagai puisi dari beragam penyair dibawakan hari itu, tepatnya Senin, 13 November 2017. Berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima mahasiswa mengenakan kostum yang sesuai dengan tema puisi masing-masing. Pembacaan khorus ini juga mengasah kemampuan mahasiswa dalam hal membaca nyaring, membaca indah, kekompakan, serta apresiasi terhadap puisi itu sendiri.

Mata kuliah yang berdurasi 3 sks ini, di dalamnya memuat pembacaan khorus sebagaimana terkandung dalam RPS Apresiasi Sastra. Setiap kelompok pada tiga kelas mempersembahkan  khorus serta diapresiasi oleh dosen pengampu dan semua kelompok. Kegiatan ini adalah bentuk kreativitas dalam mata kuliah Apresiasi Sastra di Prodi PBSI FBS UNJ yang sangat menarik dan membuat mahasiswa menjadi cinta karya sastra dan senang mengapresiasinya. Kegiatan di luar kelas menjadi pengobat kejenuhan pembelajaran di dalam kelas. Suatu bentuk perkuliahan yang pantas diapresiasi. (Ade Crissy)