Para guru PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ telah merampungkan  kegiatan PPL di empat sekolah mitra. Sebelum melaksanakan PPL, mereka menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), lalu menyesuaikan dengan kondisi permasalahan di kelas masing-masing saat mereka PPL. Setelah PPL berakhir, mereka menyusun Laporan PTK terhadap  permasalahan siswa di kelas yang diampu. Tidak ketinggalan pula Peserta PPG SM3T Prodi PBSI yang biasa disapa Laskar Bahasa Lima ini, sebanyak empat kelompok pengajar tersebar melaksanakan PPL di empat sekolah, yaitu SMAN 31 Jakarta, SMP Labschool Rawamangun, SMPN 99 Jakarta, dan SMPN 255 Jakarta. Hasil PTK yang telah disusun kemudian diseminasikan di UNJ pada 8-9 November 2017.

Pada Rabu, 8 November 2017, Prodi PBSI FBS UNJ menyelenggarakan pekan Seminar Penelitian Tindakan Kelas bagi Laskar Bahasa Lima di ruangan Gedung O.109 dan Q.214, serta di Aula CD UNJ pada Kamis, 9 November 2017. Sebanyak lima guru PPG menempuh seminar PTK di Prodi PBSI diuji oleh Ibu N. Lia Marliana pada pukul 10.00-13.00 WIB di O.109.

Kelompok kedua sebanyak empat guru PPG SM3T melaksanakan seminar PTK diuji oleh Ibu Sintowati Rini Utami pada pukul 08.00-10.30 di Ruangan Q.213 Prodi PBSI.  Selanjutnya, kelompok ketiga, terdapat empat guru PPG diuji PTK oleh Ibu Suhertuti di Ruang Perpustakaan JBSI.  Sementara itu, satu kelompok lagi  melaksanakan seminar PTK di Aula CD dengan penguji Bapak Sam Mukhtar Chaniago pada Kamis, pukul 14.30-17.00. Sehabis seminar, semua kelompok berfoto bersama dengan para dosen penguji.

Sebelum melaksanakan seminar PTK ini, para guru PPG telah menyelesaikan Ujian Tulis Lokal di Gedung Adm. pada Selasa, 7 November 2017 pukul 09.0-12.00. Koordinator PPG Prodi PBSI, Ibu Suhertuti menjadi pengawas UTL dan pemeriksa hasil jawaban UTL mereka. Sebagai ujung perjalanan Pendidikan Profesi Guru yang selama hampir setahun ini telah ditempuh di UNJ, mereka akan melaksanakan Ujian Tulis Nasional (UTN) yang tahun ini disebut UKM (Uji Kompetensi) PPG pada 18-19 November 2017 di UNJ. (nlm)