Meningkatkan Literasi Melalui Seminar Bedah Buku

Gerakan literasi tidak hanya dilakukan oleh siswa di sekolah, tetapi juga merambah perguruan tinggi. Para mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ pun turut serta dalam pencanangan pengembangan literasi melalui kegiatan bedah buku. Kegiatan positif ini diselenggarakan sebagai rangkaian Bulan Bahasa dan Hari Guru serta mengasah keterampilan menulis kritis dan ilmiah para mahasiswa dalam membedah buku-buku fiksi dan nonfiksi.

Kegiatan seminar bedah buku dilaksanakan pada Selasa, 7 November 2017, pukul 09.00-16.30 di Aula Daksinapati FIP UNJ. Para mahasiswa kelas 3 PB 1 angkatan 2015 menjadi panitia dan sekaligus sebagai pembedah empat buku, yaitu satu buku Antologi Puisi Derai Suara Ranting karya Sam Mukhtar Chaniago dan tiga buku karya Syarifudin Yunus, yaitu Kompetensi Menulis Kreatif, Jurnalistik Terapan, dan Surti Bukan Perempuan Metropolis.

Sebelum dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan (Wadek) III FBS Bapak Syamsi Setiadi, terlebih dahulu Koorprodi PBSI FBS UNJ menyampaikan laporan kepada Wadek III FBS bahwa kegiatan seminar bedah buku ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan Prodi PBSI FBS UNJ oleh para mahasiswa semester lima sebagai bagian dari perkuliahan Keterampilan Menulis Kritis dan Ilmiah. Selain itu, kegiatan ini pun bertepatan dengan Bulan Bahasa dan Hari Guru, sebagai rangkaiannya sejak dibuka 30 Oktober hingga ditutup pada 25 November 2017 sebagai puncak acara peringatan Hari Guru. Kegiatan seminar bedah buku ini pun dilakukan selama dua kali, yaitu pada 7 November dan 16 November 2017. Pada 17 November, akan dibedah dua buku karya Boim Lebon dan satu buku karya Abdul Chaer.

Sebelum memulai membedah buku puisi Sam Mukhtar Chaniago, terlebih dahulu dibacakan tiga puisi karya beliau oleh dua mahasiswa, Makna dan Humaidi. Kemudian, diluncurkanlah buku karya Sam Mukhtar Chaniago, dosen Prodi PBSI FBS UNJ, yang juga Wakil Ketua Pusake Betawi FBS UNJ. Beliau pun berkesempatan membacakan beberapa puisi karya terbaiknya di hadapan sekitar 100 peserta dan beberapa dosen PBSI FBS UNJ. Derai Suara Ranting merupakan karya pertama Sam, yang dibedah oleh para mahasiswa PB 1 Prodi PBSI FBS UNJ.

Tidak hanya Buku Puisi Sam, para mahasiswa pun membedah tiga buku karya Syarifudin Yunus. Pada kesempatan ini, Syarifudin membeberkan rahasia di balik proses penulisan kreatifnya menghasilkan tiga bukunya, terutama satu buku fiksinya berjudul Surti Bukan Perempuan Metropolis. Kegiatan yang sangat menarik ini pun sayangnya harus berakhir pada pukul 16.30. Pada akhir acara, para pembedah berfoto bersama narasumber/penulis dan Koorprodi PBSI. (nlm)