Pameran Sekolah Mitra dan Bazar Buku Pendidikan dalam Rangka Bulan Bahasa dan Hari Guru 2017

Dalam rangka peringatan Bulan Bahasa dan Hari Guru Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada Senin, 30 Oktober 2017, dilaksanakan kegiatan pameran karya siswa dan profil sekolah mitra PP/PKM di wilayah Jabodetabek. Kegiatan pameran ini dilaksanakan di Galeri Aula Latif, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ. Selain itu, dilaksanakan pula bazar buku pendidikan di Galeri Aula Maftuhah UNJ.

Pameran karya siswa dan profil sekolah ini melibatkan 11 sekolah mitra PKM.  Penjaga stan ini adalah para guru, baik guru tetap di sekolah yang pameran, maupun guru PKM dari Prodi PBSI FBS UNJ. Terdapat pula siswa yang mendemonstrasikan cara membuat aneka kerajinan tangan dari bahan daur ulang. Pertunjukan ini disaksikan oleh Wakil Rektor I UNJ, Bapak Profesor Mukhlis R. Luddin didampingi Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana.

Wakil Rektor I UNJ dan Koorprodi PBSI berkeliling mengunjungi stan-stan yang ada di Galeri Aula Latif. Berbagai produk karya siswa dan profil sekolah ditampilkan di pameran ini. Terdapat pula dua meja yang memamerkan foto-foto semasa di daerah pengabdian dan karya para guru PPG SM3T Prodi PBSI FBS UNJ, yang akrab disapa Laskar Bahasa V. Bapak Mukhlis pun melihat dan mengapresiasi karya laporan hasil Kuliah Kerja Lapangan ke Kuala Lumpur oleh mahasiswa Prodi PBSI yang diperlihatkan Koorprodi PBSI, yang dipamerkan pada salah satu meja di sudut Galeri Aula Latif.

Pameran karya siswa dan profil sekolah mitra PPL/PKM ini sayangnya hanya berlangsung satu hari, dari pukul 08.00-17.00.  Pimpinan UNJ bidang akademik sangat mengapresiasi kegiatan pameran dalam rangka Bulan Bahasa dan Hari Guru yang diselenggarakan Prodi PBSI FBS UNJ ini sebagai upaya mewadahi  portofolio dan hasil kreativitas siswa, serta ajang mempromosikan sekolah kepada khalayak yang datang ke pameran tersebut. Sementara itu, bazar buku pendidikan yang melibatkan beberapa penerbit besar ini bertujuan meningkatkan daya literasi bangsa, khususnya warga UNJ yang berkunjung sekadar membaca atau yang membeli buku-buku tersebut.

Tidak hanya Wakil Rektor I UNJ dan Koorprodi PBSI yang berkeliling mengunjungi stan-stan pameran sekolah, para narasumber Seminar Pendidikan pun turut pula. Ibu Capri Anjaya beserta para kepala sekolah SPK nampak sangat kagum melihat hasil karya siswa yang dipamerkan. Setelah selesai berkeliling, para narasumber ini kemudian berfoto bersama Wakil Rektor I dan Koorprodi PBSI di arena foto yang telah disediakan panitia. Tampak para dosen Prodi PBSI pun mengunjungi pameran dan bazar buku. Pada kesempatan ini, Ibu Rahmah Purwahida, mewakili pimpinan prodi, memberikan penghargaan kesertaan pameran kepada sekolah-sekolah mitra peserta pameran. Sementara itu Ketua pelaksana Bulan Bahasa dan Hari Guru 2017, Ibu Reni Nur Eriyani memberikan sertifikat kesertaan pameran kepada Laskar Bahasa V. (nlm)