Pada Selasa, 10 Oktober 2017 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8 UNJ, diadakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Dasar Belajar di Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh UPT Bimbingan dan Konseling (BK) UNJ dengan tujuan agar mahasiswa baru dapat mengetahui keterampilan belajar di perguruan tinggi.

Kegiatan ini dilakukan secara bergiliran pada semua fakultas. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ mendapat giliran Selasa, 10 Oktober 2017 pukul 09.00 s.d. 15.30 WIB. Pelatihan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni, UNJ, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. Pesertanya ialah enam orang perwakilan mahasiswa baru dan perwakilan BEMP dari seluruh program studi yang ada di FBS. Tidak ketinggalan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) turun berperan serta secara aktif. Perwakilan mahasiswa dari Prodi PBSI FBS UNJ ialah Ilham Maulana Akbar (2016), Rio Bachtiar (2016), Ade Crissy Monatari (2017), Siti Khotidjah (2017), dan Tabita (2017).

Pada pelatihan ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdapat satu fasilitator. Pada pukul 10.00, setiap kelompok mempelajari konsep diri. Di sini, para peserta menuliskan kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalam dirinya. Lalu pada pukul 11.00, setiap kelompok mempelajari tentang manajemen diri. Dalam hal ini, para peserta membuat target dan membuat rencana-rencana untuk mewujudkan target tersebut. Terakhir, setiap kelompok belajar tentang kerja sama tim. Caranya, para peserta melakukan permainan untuk melatih kerja sama tim. Kegiatan pelatihan yang sangat bermanfaat ini ditutup dengan sesi foto bersama dengan semua peserta dan para fasilitator. (ilham)