Badan Pegembangan dan Pembinaan Bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam penyediaan bahan literasi dalam Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud. Melalui peran tersebut, Badan Bahasa melalui Pusat Pembinaan pada tahun 2017 mengadakan Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi. Dari 727 naskah yang masuk, telah terpilih 120 naskah bahan bacaan yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Peserta PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ (yang akrab disapa Laskar Bahasa 5) turut serta dalam kegiatan tersebut. Laskar bahasa 5 PPG Universitas Negeri Jakarta menjadi bagian dari 120 naskah yang terpilih setelah melalui penilaian oleh Tim Badan Bahasa yang terdiri atas sastrawan, ahli bahasa, dan juri lain yang kompeten di bidangnya.

Melalui 2 buku yang berjudul Rumah Adat Nusantara dan Luki dari Ujung Negeri, Laskar Bahasa 5 telah menjadi bagian dari penggerak langsung Gerakan Literasi Nasional yang sedang dilaksanakan pemerintah. Buku Rumah Adat Nusantara ditulis dalam tim oleh Ali, Bambang Hermanto, Evi Tri Utami, Reni Sofiani, Anjar Gumilar, dan Mira Ardiani. Sementara itu, buku berjudul Luki dari Ujung Negeri ditulis secara individu oleh Imam Arifudin. Kedua buku merupakan bahan bacaan pendukung literasi anak dengan jenis teks deskripsi untuk Rumah Adat Nusantara dan teks narasi untuk Luki dari Ujung Negeri.

Melalui 2 buku tersebut, Laskar Bahasa 5 menjadi bagian dari pertemuan Pertemuan Penulis Tahap Ke-2 Penyelarasan Bacaan Literasi yang diselenggarakan pada tanggal 5-7 Oktober 2017. Bertempat di Hotel Santika, TMII, pertemuan penulis ini dimaksudkan untuk membuat penyelerasan akhir buku dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Inti kegiatan dari pertemuan penulis ini ialah merevisi atau melakukan perbaikan buku berdasarkan penilaian yang telah dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Pertemuan penulis tahap ke-2 ini dihadiri oleh 108 penulis dari berbagai daerah dan dibuka secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendi, M.A.P dan dihadiri kepala Badan Bahasa Prof. Dadang Sunendar, M.Hum. beserta jajarannya. Selain itu, turut hadir juga kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan dan beberapa undangan lain. Acara pembukaan kegiatan juga turut dimeriahkan oleh kelompok paduan suara SMP dan SMA Labschool Jakarta serta penampilan dongeng anak.

Dari hasil penyempurnaan buku yang dilakukan oleh penulis dalam kegiatan ini, kemudian akan dikumpulkan dan disunting akhir oleh tim badan bahasa untuk segera diterbitkan dan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Semoga tidak ada kata lelah untuk terus menggalakkan literasi di lingkungan sekitar kita. Salam literasi. (Imam Arifudin)