Pelatihan Strategi Sukses Menulis dan Menerbitkan Buku Ajar

Pada Rabu, 4 Oktober 2017, pukul 09.00-12.00, di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 5 UNJ, Bapak Dr. Dedi E.S., M.Bus. Dekan Fakultas Ekonomi UNJ menjadi narasumber dalam Pelatihan Strategi Sukses Menulis dan Menerbitkan Buku Ajar bagi para dosen UNJ. Para dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) pun terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan ini. Hadir dalam pelatihan ini, Koorprodi PBSI, Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu Sri Suhita, dan Ibu Rahmah Purwahida.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Disabilitas, Bapak Asep Supena sekaligus mendampingi narasumber sebagai moderator. Selain narasumber dari FE UNJ, LP3M UNJ mengundang narasumber dari Penerbit Erlangga.

Bapak Dedi memaparkan bahwa semua dosen seharusnya bisa menulis buku karena fokus kompetensinya adalah pada Tridarma Perguruan Tinggi. Faktanya, sangat sedikit dosen yang melaksanakannya. Beliau juga menjelaskan perbedaan antara monograf, buku referensi, diktat, buku ajar, modul ajar. Setelah narasumber pertama ini selesai memaparkan tentang strategi sukses menulis dan menerbitkan buku ajar, kemudian pihak Penerbit Erlangga memberikan penjelasan mengenai prosedur dan proses penerbitan buku karya penulis Indonesia di Penerbit Erlangga. Tampak antusiasme para peserta pelatihan melalui banyaknya pertanyaan kepada kedua narasumber. Sayangnya antusiasme para peserta pelatihan ini harus diakhiri pada pukul 12.00. (nlm)